Jawa Pos

Tunggu Giliran Perbaikan Total

Sementara, Tambal Jalan Berlubang di Mayjen Yonosuwoyo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Beberapa pekan terakhir, Jalan Mayjen Yonosuwoyo tampak berlubang di beberapa titik. Ada yang kecil, ada juga yang lumayan besar. Diameterny­a mencapai 30–40 sentimeter dengan kedalaman 5–10 sentimeter.

Karena itu, pengendara roda dua maupun roda empat harus ekstrahati-hati saat melintas di sana. Mereka harus menurunkan kecepatan kendaraan dan sebisanya menghindar­i ban kendaraan masuk lubang jalan. Sebelumnya, beberapa kendaraan roda dua terperosok dan nyaris celaka.

Berdasar pantauan di lokasi kemarin (15/2), lubang-lubang itu tersebar di beberapa titik. Titik pertama adalah seberang Pos Pantau Polisi Wiyung atau sekitar beberapa puluh meter dari sisi selatan Spazio.

Titik kedua berada di seberang Loop Graha Festival. Di sana ada tiga lubang yang berukuran jumbo. Terdapat lubang di lajur kanan atau di area bekas galian pipa SPAM Umbulan. Ada juga lubang serta kerusakan di lajur kiri atau di luar titik bekas galian pipa. Selain itu, beberapa spot lain yang tidak termasuk rute penggalian pipa terlihat rusak dan retak-retak.

Memasuki musim hujan, jalan memang rawan rusak. Salah satu penyebabny­a adalah tanah menyusut imbas curah hujan yang tinggi. Akibatnya, jalan turun, bergelomba­ng, dan retak-retak. Penyebab lain, material hotmix tergerus air dan terkelupas.

Eko Susanto, pengawas lapangan rekondisi jalan proyek pipa

SPAM Umbulan, menyatakan bahwa kerusakan jalan tersebut memang terjadi pada jalur penggalian­nya. Karena itu, pihaknya lewat kontraktor pelaksana langsung melakukan perbaikan kemarin sore. ’’Yang diperbaiki mulai depan Spazio, sisi selatan bundaran Pakuwon Mall. Kami berupaya merespons dengan cepat agar tidak ada korban,’’ tegasnya.

Project Manager PT Meta Adhya Tirta Umbulan Wilayah Waru dan Surabaya Barat Ari Mulyantono menuturkan, jalan yang berlubang diperbaiki untuk pengamanan sementara agar tidak membahayak­an pengendara. ’’Setelah perbaikan di Unesa selesai, kami akan berfokus ke Mayjen Yonosuwoyo,’’ ujarnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? PENGAMANAN SEMENTARA: Pekerja memperbaik­i jalan berlubang di kawasan Mayjen Yonosuwoyo kemarin (15/2).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS PENGAMANAN SEMENTARA: Pekerja memperbaik­i jalan berlubang di kawasan Mayjen Yonosuwoyo kemarin (15/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia