Jawa Pos

Tingkatkan Perlindung­an pada Anak

Dirikan Komnas PA di Provinsi dan Kota/Kabupaten

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kasus kekerasan terhadap anak yang masih sering terjadi menuntut concern yang lebih tinggi dari semua pihak. Komisi Nasional Perlindung­an Anak (Komnas PA) kini tak hanya berdiri di tataran nasional.

Tingkat kota/kabupaten dan provinsi Jawa Timur kini memiliki Komnas PA tingkat II dan tingkat I. ”Memang baru 10 kota dan kabupaten ya,” ujar Ketua Komnas PA Jatim Daniel Octavianus Atmadja.

Mereka resmi bekerja setelah pelantikan dilakukan kemarin (15/2) di kawasan Mayjen Yono Suwoyo.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan, pembuatan Komnas P A di tingkat kota/ kabupaten dan provinsi memang mengikuti aturan pemerintah .” Karena kami ini masih lembaga pemerintah­an meski non struktural ,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, Aris t juga menegaskan pentingnya kolaborasi­K o m nas P A di berbagai level dengan pihak pemerintah struktural. Dengan begitu, tujuan K o m nas P A untuk memantau, memajukan, dan melindungi ha kanak bisa tercapai. ”Kasus terhadap anak yang paling banyak di Jati m masih diwarnai dengan eksploitas­i anak untuk ekonomi dan eksploitas­i seksual,” tegasnya.

Sayang, pihaknya tak memiliki data pasti jumlah kasus tersebut. Selain itu, isu radikalism­e disorot dalam pertemuan kemarin. Melalui t al k s h o w bertema S top Kejahatan Seksual dan Paham Radikalism­e Pada Anak, Aris t menegaskan bahwa posisi anak dalam pusaran r adik alis m e adalah sebagai korban .” Makanya saya sebut terpa p arya, karena bukan pelaku utama,” sambungnya.

Komnas PA Jatim mencanangk­an lima isu utama untuk 2020 ini. Yaitu, radikalism­e, bullying, kekerasan, pelecehan seksual terhadap anak, dan kekerasan seksual terhadap anak (pemerkosaa­n). ”Kami akan berfokus pada pencegahan. Karena rasa trauma itu lebih sulit disembuhka­n,” ujar Daniel.

Pihaknya akan melakukan banyak penyuluhan. Terutama mengenai definisi dari tiap kasus. Setelah itu, masyarakat juga perlu diberi pengetahua­n hukum terkait kasuskasus tersebut.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? FOKUS PENCEGAHAN: Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait (kiri) didampingi Ketua Komnas PA Banten M. Uut Lutfi kemarin (15/2).
RIANA SETIAWAN/JAWA POS FOKUS PENCEGAHAN: Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait (kiri) didampingi Ketua Komnas PA Banten M. Uut Lutfi kemarin (15/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia