Jawa Pos

Jadikan Bola Mangrove sebagai Tanaman Hias

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tanaman mangrove biasanya hanya bisa dinikmati di pesisir pantai. Padahal, banyak orang yang bisa menikmati tanaman tersebut dari rumah. Karena itu, Iska Desmawati menciptaka­n Movball sebagai solusinya.

Movball merupakan produk inovasi berbahan dasar mangrove hidup sebagai tanaman hias. Tumbuhan tersebut ditanam dalam media berbentuk bola. Dosen Ekologi di Departemen Biologi, Fakultas Sains, dan Data Analitik (FSDA) ITS itu pun mengajak mahasiswan­ya untuk ikut terlibat dalam pengembang­an produk inovasi Movball.

Iska menuturkan, untuk menumbuhka­n rasa cinta terhadap mangrove, habitat, dan biodiversi­tas Indonesia, akhirnya dibuatlah Movball. Tanaman hias mangrove hidup itu pun bisa dinikmati seluruh masyarakat. ”Kami membuatnya seperti kokedama,” ujarnya.

Kokedama adalah teknik menanam tumbuhan dengan media tanam bola tanah atau bola lumut. Ide tersebut muncul karena ketika naik gunung sering kali ada penjual bunga. Sementara itu, di Ekowisata Mangrove Wonorejo banyak bibit yang terbuang. ”Saya pikir propagule mangrove ini akan menarik jika dibuat kokedama,” ujarnya.

Perawatan tanaman bola mangrove yang paling mudah adalah dengan menyiapkan mangkok di rumah. Kemudian, dikasih air tawar. Setelah itu, Movball ditaruh di dalam mangkok tersebut. Setelah medianya terlihat lembek, lalu diletakkan atau dipajang di tempat yang diinginkan. ”Media bola tanah atau lumut itu tidak akan hancur. Sebab, sudah diikat dengan benang,” ujarnya.

Iska mengatakan, Movball akan disosialis­asikan ke masyarakat pesisir pantai timur Surabaya. Khususnya, kelompok petani, nelayan, maupun ibu rumah tangga. Movball bisa menjadi produk khas dan unik yang bisa dijadikan tambahan penghasila­n masyarakat pesisir pantai timur Surabaya. ”Harapan kami, Movball ini juga bisa dijadikan sebagai cenderamat­a khas Surabaya. Tujuannya, sekaligus untuk menumbuhka­n rasa cinta terhadap mangrove dan habitatnya,” ujarnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? MEDIA BOLA TANAH: Iska Desmawati (tengah) bersama mahasiswan­ya menunjukka­n Movball kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS MEDIA BOLA TANAH: Iska Desmawati (tengah) bersama mahasiswan­ya menunjukka­n Movball kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia