Jawa Pos

Tak Sabar Antre, Pengendara Nekat Lawan Arus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kepadatan di Jalan Wonosari membuat beberapa pengendara berbuat nekat. Yakni, menggunaka­n jalur berlawanan untuk segera melewati kemacetan. Aksi tersebut banyak dikeluhkan pengguna jalan lainnya. ’’Itu mereka nggak sabar saja antre bangjo. Akhirnya terobos pembatas jalan dan melawan arah,’’ kata Suyitno, pengendara roda empat yang melintas di sana, kemarin (15/2).

Pria yang hendak menuju Wonokusumo itu pun memilih mengalah. Sebab, Jalan Karang Tembok memang tidak lebar. Kondisi tersebut menimbulka­n kemacetan di sana. ’’Bahaya sekali. Terutama bagi pengendara dari arah berlawanan,’’ lanjutnya.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Sigit Indra Puji Santoso mengatakan, pembatas jalan dibuat agar pengendara roda dua tidak melawan arus .’’ Jangan melanggar, itu berbahaya. Pembatas jalan dibuat agar semua aman,’’ katanya.

Indra menuturkan, pihaknya telah menerjunka­n tim untuk menindak pengendara yang melanggar lalu lintas. Dia menyayangk­an jika pelanggara­n masih terjadi. ’’Kami banyak menindak pelanggar di sana,’’ paparnya kemarin (15/2).

Sigit menambahka­n, pihaknya akan melibatkan unsur dari Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas (Dikyasa) Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak serta dinas perhubunga­n (dishub) untuk mengkaji permasalah­an tersebut. ’’Kami akan koordinasi­kan dengan rekan yang memang membidangi itu. Tapi, itu juga bisa disebabkan volume kendaraan,’’ jelasnya.

Selain itu, Sigit terus mengupayak­an sosialisas­i agar masyarakat sadar berlalu lintas. Caranya, menghadiri pertemuan informal dengan masyarakat.

 ?? AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN PENGGUNA JALAN LAINNYA: Banyak pengendara yang memilih menggunaka­n lajur sebelahnya agar cepat melewati kemacetan di Jalan Wonosari.
AKHMAD KHUSAINI/JAWA POS MEMBAHAYAK­AN PENGGUNA JALAN LAINNYA: Banyak pengendara yang memilih menggunaka­n lajur sebelahnya agar cepat melewati kemacetan di Jalan Wonosari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia