Jawa Pos

Belajar Bikin Wayang dari Botol Bekas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Marwa Nainil Amanil berusaha mengepang rambut buatan dari benang wol. Beberapa kali siswa kelas V SD Ikan Kerapu itu membongkar kepangan, lalu mengepang lagi. ’’Ini dibetulkan. Tadi kurang pas,’’ katanya kemarin (15/2).

Marwa adalah salah seorang siswa SD Ikan Kerapu yang mengikuti workshop pembuatan wayang dari botol plastik bekas. Acara tersebut diselengga­rakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra yang bekerja sama dengan Komunitas Kampoeng Dolanan Surabaya.

Kegiatan tahunan bernama Kampung Binaan Mahasiswa (KBM) III itu diusung dengan tema Deep Impact. Ketua Panitia KBM III Angeline Chrisella Rifantri menjelaska­n bahwa pembuatan wayang dari botol bekas itu mengasah motorik dan kreativita­s siswa. ’’Tak hanya membuat, kami juga membuat cerita wayang bareng siswa,’’ ungkapnya.

Di tempat lain, ada mahasiswa yang mengajari warga membuat sabun cair. Ada juga kegiatan urban farming di lapangan Ikan Kerapu. Bekerja sama dengan Pelita Insan Tahana (PIT), mereka menanam bibit sawi, cabai, terong, dan bayam. ’’Harapannya, kami saling tukar pengetahua­n dan keterampil­an yang bisa menjadi ide usaha bagi warga sekitar,’’ tuturnya.

Angeline menyatakan, pihaknya ingin menjadikan Kampung Ikan Kerapu sebagai jujukan masyarakat dan mahasiswa untuk mengembang­kan segala potensi. ’’Kami bersama-sama masyarakat ingin sekali memajukan kampung kota di Surabaya. Sebab, semua berawal dari kampung,’’ ujar mahasiswi semester IV tersebut.

Dia mengungkap­kan, mahasiswa yang ikut dalam KBM memiliki ikatan yang berkesinam­bungan dengan masyarakat. ’’Dampak positif itu bisa ada karena terlibat langsung dan ikut berpartisi­pasi,’’ jelasnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ASAH KREATIVITA­S: Dua mahasiswa UK Petra, Gabriela Sunjono dan Jeanne Vanessa, mengajari siswa SD Ikan Kerapu membuat wayang yang berbahan dasar botol plastik bekas kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ASAH KREATIVITA­S: Dua mahasiswa UK Petra, Gabriela Sunjono dan Jeanne Vanessa, mengajari siswa SD Ikan Kerapu membuat wayang yang berbahan dasar botol plastik bekas kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia