Jawa Pos

Masih Ada Angkot yang Ngetem di Sekitar TIJ

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) beroperasi, angkot dilarang ngetem di sekitar area tersebut. Baik di sekitar Jalan Joyoboyo maupun Kebun Binatang Surabaya (KBS). Namun, masih banyak angkot yang ’’nakal’’. Jika tindakan itu dibiarkan, angkot yang ngetem di TIJ bisa-bisa sepi penumpang.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia (F-SPTI) Surabaya Subekti membenarka­n adanya angkot yang ngetem sembaranga­n. Dia menegaskan bahwa fenomena tersebut akan merugikan temannya sesama sopir. ’’Kami sebenarnya juga sudah ingatkan berkali-kali agar teman-teman tertib. Tapi, memang belum semuanya bisa kompak,’’ katanya.

Dampak lain adalah penumpang juga tidak mau menunggu di dalam terminal. Jika tidak ada yang ngetem di TIJ, sarana itu bakal makin sepi. ’’Stan pedagang di lantai 2 terminal sepi pembeli,’’ ujarnya.

Ada beberapa penyebab masih sepinya penumpang yang naik angkot dari TIJ. Salah satu penyebabny­a, bus kota belum masuk ke terminal. Padahal, bus kota juga membawa penumpang angkot. Setelah turun dari bus, penumpang biasanya melanjutka­n perjalanan dengan naik angkot.

Subekti menjelaska­n, dalam rapat dengan dinas perhubunga­n (dishub) dan beberapa organisasi angkutan, bus kota belum mau masuk ke terminal karena beberapa sebab. Salah satunya, jalur masuk yang dianggap terlalu sempit. ’’Mungkin, kalau nanti jembatan Joyoboyo jadi, para sopir bus bisa lebih mudah masuk ke terminal,’’ tuturnya.

Dia melihat, saat ini sudah ada beberapa angkot yang secara teratur tertib masuk ke TIJ. Mayoritas angkot itu berasal dari jurusan selatan dan timur Surabaya. Sebaliknya, beberapa angkot dari utara masih ngetem di luar terminal.

Kasi Pengawasan dan Pengendali­an Lalin Dishub Surabaya Soesandi Ismawan mengungkap­kan, hampir setiap hari pihaknya melakukan penertiban di lokasi tersebut. Pada Rabu malam (12/2), misalnya, pihaknya juga menertibka­n pelanggar yang parkir hingga dua lajur di lokasi tersebut.

Disinggung tentang masih bandelnya angkot yang ngetem sembaranga­n, Sandi menyatakan bahwa pihaknya sedang berkoordin­asi dengan bidang angkutan. Tujuannya, menyiapkan solusi yang tepat terkait dengan angkot yang ngetem sembaranga­n.

 ?? HARYANTO TENG/JAWA POS ?? RUGIKAN SOPIR LAINNYA: Sopir angkot ini ngetem di luar TIJ. Tindakan tersebut dilarang.
HARYANTO TENG/JAWA POS RUGIKAN SOPIR LAINNYA: Sopir angkot ini ngetem di luar TIJ. Tindakan tersebut dilarang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia