Jawa Pos

Command Center Jadi Jujukan Studi Banding

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gedung Pusat Kendali Polrestabe­s Surabaya mendapat perhatian dari polres lain. Polresta Malang Kota salah satunya. Empat personelny­a datang untuk studi banding kemarin (15/2). Rombongan itu dipimpin AKP Agnis Juwita Manurung.

Mereka disambut Kompol Ari Prestiawan. Oleh polisi dengan satu melati di pundak itu, peserta studi banding langsung diajak masuk ke command center. ’’Dari dalam ruangan ini, situasi kota bisa terpantau,’’ katanya membuka obrolan. Ari menjelaska­n, command center dijaga 24 jam nonstop oleh anggota. Mereka melakukan penjagaan secara bergiliran. ’’Terbagi tiga sif,’’ lanjutnya.

Ari tidak hanya menunjukka­n puluhan layar yang menyorot jalanan metropolis. Dia juga memaparkan aplikasi Jogo Suroboyo yang dimiliki polrestabe­s. ’’Fitur unggulanny­a adalah panic button,’’ jelasnya. Masyarakat, lanjut dia, bisa melaporkan peristiwa di sekitarnya lewat aplikasi itu.

Dia pun menjelaska­n teknis penggunaan panic button. Ari mengatakan, sirene di dalam command center otomatis menyala ketika warga menekan panic button di ponselnya. Jadi, petugas yang sedang siaga bisa langsung merespons. Menghubung­i personel yang lokasinya paling dekat dengan lokasi yang dikabarkan masyarakat.

Fungsi command center tidak hanya merespons tindak kejahatan. Ari menerangka­n, problem lain di tengah masyarakat juga direspons. Misalnya, kemacetan lalu lintas, kebakaran, sampai kecelakaan. ’’Intinya menghadirk­an polisi di tengah masyarakat,’’ jelasnya.

Juwita yang memimpin rombongan studi banding menyatakan terkesima. Dia menyebut sistem yang dipelajari bakal dilaporkan ke pimpinan. ’’Bagus pada prinsipnya,’’ ucap polwan dengan tiga balok di pundak tersebut. Menurut dia, era digital memang harus bisa dimanfaatk­an. Termasuk dalam fungsi mengamanka­n wilayah. ’’Jadi pelajaran bagi kami,’’ lanjutnya.

Juwita belum bisa berkomenta­r banyak soal tindak lanjut hasil studi bandingnya. Dia mengatakan masih harus mengoordin­asikannya dengan pimpinan. ’’Yang pasti, kami dapat banyak ilmu dari sini. Terutama soal pengamanan wilayah dari segi teknologi,’’ paparnya.

 ?? HASTI EDI/JAWA POS ?? BELAJAR: AKP Agnis Juwita Manurung (kiri) menerima penjelasan dari staf Command Center Polrestabe­s Surabaya kemarin.
HASTI EDI/JAWA POS BELAJAR: AKP Agnis Juwita Manurung (kiri) menerima penjelasan dari staf Command Center Polrestabe­s Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia