Jawa Pos

PERSEBAYA vs AREMA FC DI SEMIFINAL

-

JAKARTA, Jawa Pos – Ada yang berbeda dalam susunan staf kepelatiha­n timnas Indonesia di training camp dalam dua hari terakhir. Tidak ada nama Indra Sjafri di sana. Padahal, IS –sapaannya– merupakan asisten Shin Tae-yong. IS juga sempat ikut TC timnas U-19 di Thailand.

Lalu, ke mana IS? Ketika dikonfirma­si, IS mengaku sedang menjalani tugas khusus dari PSSI. Karena itulah, dia tidak bisa datang dalam latihan perdana tim Garuda di Stadion Madya kemarin. ’’Soal saya bergabung, nanti ketika tugas dari PSSI selesai,’’ ujarnya.

Muncul kabar bahwa mantan pelatih timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019 itu tak lagi masuk staf kepelatiha­n Shin Tae-yong. Kabarnya, hubungan keduanya sedang renggang. Tapi, IS menampik hal tersebut. Dia menegaskan masih berada di staf kepelatiha­n Shin Tae-yong. ’’Tidak benar. Saya kontrak empat tahun di PSSI. Saat ini saya masih ada tugas dari PSSI,’’ jelasnya.

Apalagi, dia sangat memahami skuad timnas senior kali ini. Sebagian besar pemain pernah di bawah asuhannya di timnas U-19 ataupun U-23. ’’Bismillah dan alhamdulil­lah generasi setelah 2011 pertama saya pegang mulai jadi pemain utama di senior. Jadi, saya paham mereka,’’ paparnya.

Ketika ditanya perihal ketidakhad­iran IS, Shin Tae-yong tampak kaget. Pelatih asal Korea Selatan itu menyatakan tidak tahu-menahu soal tidak adanya IS dalam latihan. ’’Soal Indra mungkin bisa dibicaraka­n dengan federasi,’’ ujarnya. Dia juga tak tahu-menahu soal tugas khusus dari PSSI untuk IS. ’’Karena dia mungkin saja ditugaskan. Kami juga tidak tahu dia tidak hadir kenapa,’’ ungkapnya.

Direktur Media PSSI Gatot Widakdo juga tak bisa menjelaska­n keberadaan IS. Dia malah meminta awak media menanyakan langsung kepada Ketua PSSI Moch. Iriawan. ’’Sesuai arahan Ketum PSSI, semua penjelasan federasi silakan tanya ke Ketum,’’ ucap Gatot. Sayang, Iwan Bule –sapaan Moch. Iriawan– tidak bisa dihubungi. Jawa Pos yang berusaha mengonfirm­asi kemarin sama sekali tidak mendapat jawaban.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS
 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? MANA INDRA?: Shin Tae-yong dan stafnya saat memimpin pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, kemarin.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS MANA INDRA?: Shin Tae-yong dan stafnya saat memimpin pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, kemarin.
 ?? SALMAN TOYIBI/JAWA POS ?? LEBIH LAMA: Andritany saat mengikuti pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu kemarin.
SALMAN TOYIBI/JAWA POS LEBIH LAMA: Andritany saat mengikuti pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Sabtu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia