Jawa Pos

Sarana Angkutan Jadi Wahana Edukasi

Minimnya transporta­si umum dalam kota di Penajam Paser Utara (PPU) memunculka­n ide di kepala Bondan Yudianto. Hampir setahun terakhir dia membuat sebuah platform digital layanan transporta­si online di kabupaten tersebut. Bondan menamainya Jamride.

- BAYU PUTRA

PAGI itu jalanan di sekitar pusat pemerintah­an Kabupaten PPU masih lengang. Tak banyak kendaraan yang lalu lalang. Apalagi kendaraan umum. Teramat jarang. Dulu mungkin wisatawan seperti saya akan kebingunga­n untuk bepergian di daerah tersebut. Kini tidak lagi karena sudah ada layanan transporta­si online di PPU.

Bukan Gojek atau Grab yang beroperasi di PPU. Melainkan Jamride. Diambil dari akhiran kata Penajam, disambung dengan ride, yang berarti perjalanan atau bepergian. Aplikasiny­a tidak berbeda dengan Gojek atau Grab. Mengandalk­an ciri khas warna hijau, dengan logo helm yang di atasnya ada tanduk rusa.

Cara pemesanann­ya pun sama dengan dua unicorn tersebut. Bedanya, jumlah unit layanannya masih belum banyak. Karena secara resmi Jamride memang baru mengaspal pada 19 April 2019.

Uslanyt belum genap setahun. Perna-saran a, walnya dart mulut ke mulut. Awal S ,ptembersay­a sempat menJajal aplilcasl :ersebut. Setelah salah seorang Jamaah masjld dl PPU member) tahu bahwa II PPU ada oink online. Saya pun met gunduh apllkaslny­a di Playstore clan met esan anndctujua­nke pelabuhan. Saat nu mnlah mttra pengemudi magh belasar. Alhasil, saya harus menantl sekltar. etengah fam.lCarena farak pe-ngemut I dad saya lebih dad 10 km. Saat s ya berkunJung untuk kall ke-dua pac a pekan keempat Jamul lalu, waktu n nggu sudah dl bawah 10 menit. Dan tIdz kterlalu lama untuk mendapat-kan per gemudi. -0Jolnya sudah ham-per 60 c rang mitra, talcsinya ada 25," temngl ondan saat ditemu I d I kantor 'amide 23 Januar! lalu. Selatn olek clan talcs!, dla membuka layanan makanan. Mitranyala­uh Jabal banyak leblh dad 100 merchant telah bergabt ng. Mayorltas adalah UMKM, waruni rumahan, hingga restoran. Juga, lay ma n-layanan lain yang hamplr sama de agandua platform transporta­sl online t nbesar dl tanah air Meng) ladirkan layanan transporta­sl online( I PPU bukan hal yang mudah.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia