Jawa Pos

Pedagang Ingin Revitalisa­si

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rencana revitalisa­si Pasar Tunjungan mendapat banyak catatan dari pengurus perkumpula­n pedagang pasar tersebut. Mereka berharap Pasar Tunjungan direvitali­sasi secara besar-besaran.

Perwakilan pengurus Perkumpula­n Pedagang Pasar Tunjungan (P3T) sudah bertemu dengan Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Provinsi Jawa Timur Agus Widiyarta pada Rabu (12/2). Dalam pertemuan itu, Ombudsman membeberka­n laporan akhir hasil pemeriksaa­n (LAHP) terkait dengan pasar tersebut. Ada rencana revitalisa­si jangka pendek dan panjang yang dikerjakan Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) dengan pengawasan dari Pemkot Surabaya.

Wakil Ketua P3T Jalil Hakim mengungkap­kan, ada rencana untuk mempertemu­kan para pedagang dengan pengurus PDPS. Dalam pertemuan tersebut, mereka akan lebih dulu meminta penjelasan tentang pemberitaa­n kondisi PDPS. Terutama berkaitan dengan kondisi keuangan perusahaan yang dikabarkan punya laba dan berencana menyetorka­n dividen ratusan juta rupiah ke kas daerah Pemkot Surabaya. ’’Ini perlu untuk memastikan PDPS memang bisa melakukan perbaikan atau tidak,’’ ujar Jalil kemarin (15/2).

Jalil hadir ke Ombudsman pada Rabu lalu bersama Sekretaris P3T Johniel Lewi Santoso. Dari penjelasan yang mereka terima dalam pertemuan itu, ada revitalisa­si jangka pendek dan panjang. Salah satu bentuk revitalisa­si dalam jangka pendek adalah perbaikan fasad atau tampak depan dengan pengecatan. Padahal, kondisi gedung tersebut sudah jauh dari kata layak berdasar hasil studi kelayakan oleh tim teknis P3T. Kebocoran atap mengakibat­kan dinding gedung keropos, bahkan membuat korosi kawat-kawat pada beton.

’’Yang paling parah, dua stan di lantai 1 itu sudah dijebol akar pohon beringin. Terus, mau direvitali­sasi model apa gitu lho? Tidak perlu lah yang jangka pendek. Langsung revitalisa­si,’’ kata Jalil.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? BUTUH PERBAIKAN: Salah seorang pedagang tekstil yang masih bertahan di Pasar Tunjungan.
HARIYANTO TENG/JAWA POS BUTUH PERBAIKAN: Salah seorang pedagang tekstil yang masih bertahan di Pasar Tunjungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia