Jawa Pos

Belum Diresmikan, tapi Sudah Dikunjungi

Taman Lalu Lintas di TIJ

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan taman lalu lintas di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) sudah selesai. Meski begitu, dinas perhubunga­n (dishub) belum membuka taman tersebut secara resmi karena menunggu kelengkapa­n tambahan.

Taman lalu lintas itu berada di lantai 4 TIJ dan berisi berbagai simulasi berlalu lintas. Salah satunya, jalanan yang berkelok lengkap dengan markah. Dishub juga memasang traffic light (TL).

Kabid Sarana dan Prasarana Dishub Surabaya Ridlo Noor Wahab mengungkap­kan, meski belum diresmikan, taman lalu lintas sudah beberapa kali dikunjungi. Khususnya oleh siswa sekolah dasar. ’’Mereka datang untuk melihat dan belajar replika seputar lalu lintas,’’ katanya.

Taman lalu lintas dibuat sebagai sarana edukasi kepada anakanak. Khususnya tentang etika ketika berkendara di jalan. ’’Ini bagian dari upaya pemkot memberikan edukasi kepada anak-anak,’’ jelasnya.

Ridlo menyatakan, meski TIJ beroperasi sejak 25 Desember tahun lalu, taman lalu lintas belum resmi dibuka. Dishub ingin menambah berbagai wahana di area tersebut. Terutama yang bersifat interaktif dan menarik perhatian pengunjung. Selain itu, dishub ingin taman lalu lintas dioperasik­an berbarenga­n dengan pengisian beberapa lantai TIJ. Sebab, saat ini stan-stan di lantai 3 belum sepenuhnya terisi.

Sejak dibuka akhir tahun lalu, TIJ memang ditunggu banyak warga dengan berbagai kepentinga­n. Mulai mencari angkutan umum hingga menjadi area parkir. Bahkan, pada akhir pekan, area parkir di terminal dengan lima lantai itu hampir selalu penuh. Sebab, banyak pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang parkir di sana.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? TUNGGU DIRESMIKAN: Pengerjaan taman lalu lintas di TIJ sudah tuntas.
EDI SUSILO/JAWA POS TUNGGU DIRESMIKAN: Pengerjaan taman lalu lintas di TIJ sudah tuntas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia