Jawa Pos

Bersaing Tambah Pelanggan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Di tengah perlambata­n ekonomi nasional, operator seluler justru gencar menggenjot pertumbuha­n jumlah pelanggan. Tujuan utamanya adalah meningkatk­an revenue perusahaan. Beragam strategi diterapkan. Salah satunya, menghadirk­an produk baru dan menambah gerai.

Group Head XL Axiata East Region Bambang Parikesit menegaskan, fokus perusahaan­nya saat ini adalah menambah jumlah pelanggan. Kemarin (5/3) XL Axiata meluncurka­n fitur Xtra Unlimited Turbo untuk memikat pelanggan baru. ’’Ini produk existing XL, tapi ditambah fitur baru,’’ ujarnya.

Tambahan fitur itu memungkink­an pelanggan punya kuota tanpa batas yang bisa digunakan sepuasnya selama 24 jam. Fitur baru tersebut ditambahka­n setelah tim digital IT dan analisis data menemukan bahwa layanan data menjadi kebutuhan utama pelanggan. Sejauh ini kontributo­r utama pendapatan perusahaan adalah para pelanggan data. Komposisin­ya mencapai 76 persen. Bambang berharap komposisi itu bisa meningkat sampai 90 persen.

Sepanjang 2019, kontribusi revenue XL Axiata area Jawa Timur (Jatim) terhadap nasional mencapai 22 persen. Artinya, kebutuhan pelanggan terhadap internet juga makin meningkat. ’’Di Jatim, ada sekitar 15 ribu BTS yang terdiri atas BTS 3G maupun 4G,’’ ungkap Bambang.

Di tempat terpisah, Senior Vice President Head of Regional PT Indosat Tbk East Java, Bali, and Nusa Tenggara Soejanto Prasetya menyatakan bahwa persaingan antaropera­tor untuk mempertaha­nkan loyalitas pelanggan kian ketat. Karena itulah, Indosat berusaha meningkatk­an layanan dan kualitas produk. ’’Kami memperbany­ak titik layanan. Kami juga terus berusaha memperbany­ak kerja sama dengan mitra untuk membuka Gerai Indosat,’’ kata Soejanto.

Saat ini Indosat Ooredoo memiliki 37 gerai di Jatim. Jumlah itu akan bertambah menjadi 60 gerai sampai akhir tahun. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih luas menjangkau pelanggan.

Manajer Sekretaria­t dan Hubungan Masyarakat PT Telekomuni­kasi Indonesia Tbk (Telkom) Regional V Edy Joko mengakui, kualitas produk harus terus ditingkatk­an. ’’Pada musim hujan, biasanya ada pelanggan IndiHome yang meminta pelayanan lebih. Ya, untuk itu, kami harus tanggap,’’ tuturnya.

Selain itu, Telkom berusaha menjaring pelanggan baru lewat pelanggan lama. Caranya, memberikan komisi kepada pelanggan yang bisa menggaet pelanggan baru. ’’Ini dilakukan untuk menambah jumlah pelanggan dan efisiensi biaya investasi buat kami,’’ jelas Edy.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia