Jawa Pos

Lindungi Pemain dengan 21 Aturan

-

MILAN, Jawa Pos – Keputusan tidak populis bagi fans Serie A di Italia gara-gara korona akhirnya digedok. Kemarin waktu setempat (5/3), pemerintah Italia melalui Kementeria­n Kesehatan mengizinka­n semua kegiatan olahraga tetap berlangsun­g. Hanya, harus tanpa penonton hingga 3 April mendatang.

”Ini (event olahraga tanpa penonton, Red) tidak baik untuk siapa pun. Selama ini, kami telah berusaha keras agar tidak ada pertanding­an yang ditunda atau dibatalkan dan keputusan inilah yang harus diambil,” kata Presiden Dewan Olahraga Nasional Italia Irene Lozano kepada ANSA.

Dengan keputusan tersebut, klub seperti Inter Milan berarti bisa bertanding setelah tiga laga terakhir mereka di ajang domestik tidak terselengg­ara. Dua laga di Serie A, masing-masing melawan Sampdoria dan Juventus, serta second leg semifinal Coppa Italia melawan Napoli di San Paolo yang sedianya dimainkan kemarin.

Namun, Nerazzurri – sebutan Inter – akan dibuat ”berkeringa­t” karena Romelu Lukaku dkk harus menjalani lima laga dalam rentang waktu 15–16 hari. Itu termasuk dua leg babak 16 besar Liga Europa melawan Getafe yang juga diputuskan tidak akan dihadiri penonton. ”Ini (laga tanpa penonton di Italia sampai 3 April, Red) tentu sudah dipertimba­ngkan dengan masak-masak,” ucap CEO Inter Milan Beppe Marotta di laman resmi klub.

Hanya, menggelar laga tanpa penonton tidak menjamin para pemain aman dari ancaman Covid-19. Hal itulah yang membuat Lega Serie A menerbitka­n 21 peraturan yang wajib dipatuhi semua pemain sebagai upaya menekan persebaran korona. Antara lain, dilarang minum air dari botol yang sama, dilarang makan di ruang ganti, serta menggunaka­n satu mikrofon dalam konferensi pers dan membersihk­annya setiap kali berganti pembicara.

 ?? FILIPPO MONTEFORTE/AFP ?? KALI TERAKHIR: Pendukung Lazio mengibarka­n bendera tim kesayangan­nya dalam laga melawan Bologna di Stadio Olimpico, Roma, pada 29 Februari lalu.
FILIPPO MONTEFORTE/AFP KALI TERAKHIR: Pendukung Lazio mengibarka­n bendera tim kesayangan­nya dalam laga melawan Bologna di Stadio Olimpico, Roma, pada 29 Februari lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia