Jawa Pos

Tak Ada Yang Pakai Masker di Paddock

Lorenzo Wild Card di GP Catalunya

- JUN QIAN dari Lusail, Qatar Kalender Balap MotoGP Direvisi

LUSAIL, Jawa Pos – Rangkaian pergelaran seri pembuka MotoGP 2020 di Qatar resmi dimulai kemarin (5/3). Di tengah kekhawatir­an merebaknya

Covid-19 yang berdampak dibatalkan­nya balapan kelas Moto G P, situasi di p a d do c k Sirkuit Losail dilaporkan normalnorm­al saja. Tidak ada pengamanan yang menonjol di sekitar sirkuit.

Kontributo­r Jawa Pos J u n Q ia n bera dadi Sirkuit Losail sejak kemarin. Sejumlah agenda utama digelar selayaknya pembukaan musim balap baru tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, foto grup seluruh pembalap kelas Moto 2 dan Moto 3. Dalam sesi foto itu, pembalap Indonesia Andi F ari dI z di ha r tampak berada diantara rider-rider Moto2. Kemudian, pada sore juga digelar jumpa pers resmi.

Saat memasuki paddock, Jun melaporkan tidak ada perlakuan istimewa terhadap pengunjung. Asalkan memiliki ID card resmi untuk akses masuk ke paddock, mereka bisa masuk tanpa pemeriksaa­n berlebihan. ’’Seperti tidak terjadi apa-apa,’’ jelasnya.

Berangkat dari hotel, sejumlah rencana liputan sudah disiapkan. Termasuk kemungkina­n memotret banyaknya orang yang mengenakan masker di area paddock untuk mengantisi­pasi tertular virus. Tetapi, begitu tiba di sana, ternyata tak ada seorang pun yang mengenakan masker. Kondisi paddock memang relatif masih sepi. Selain memang masih Kamis (latihan bebas pertama baru dilaksanak­an hari ini), dibatalkan­nya balapan kelas MotoGP membuat tidak banyak kru dan staf tim yang datang ke sirkuit.

Hanya ada sedikit perbedaan dari situasi normal sebelumnya. J u n menyebutka­n,semua orang di p a d do c k seperti memiliki kesepakata­n tak tertulis menolak untuk bersalaman. ’Agak aneh rasanya,’ tandasnya.

Setelah seri pertama di Qatar dibatalkan dan seri kedua di Thailand ditunda, MotoGP merilis jadwal baru balapan kemarin. Seperti semula, seri pertama akan dimulai di GP Amerika Serikat 4–5 April. Sementara itu, GP Thailand yang sedianya digelar pada 21–22 Maret mundur ke 3–4 Oktober. Jadwal itu sebelumnya adalah milik GP Aragon. Sebagai konsekuens­inya, GP Aragon dimajukan pada 26–27 September. Selain itu, semua jadwal balapan tetap. MotoGP akan melangsung­kan 19 balapan (karena GP Qatar dibatalkan), sedangkan Moto2 dan Moto3 tetap 20 balapan.

Kabar lainnya datang dari Ya maha. Kemarin mereka mengumumka­n akan memberikan w i l d ca r d kepada Jorge Lorenzo yang kini didapuk sebagai pembalap uji. L o r e n z o akan membalap di seri kandangnya di GP Catalunya. Itu bakal menjadi balapan pertama Lorenzo bersama Yamaha sejak kemenangan terakhirny­a di seri terakhir musim 2016 di Valencia. ’’Kembali membalap. Jorge Lorenzo akan kembali menunggang YZR-M1 sebagai MotoGP wild card di GP Catalunya,’’ tulis akun resmi Monster Yamaha.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? SEPERTI BIASA: Situasi di paddock Sirkuit Losail, Qatar, kemarin (5/3). Tidak terlalu ramai dan tak tampak pengamanan spesial. Foto kiri, rider Indonesia Andi Farid Izdihar setelah pemotretan untuk kelas Moto2.
JUN QIAN/JAWA POS SEPERTI BIASA: Situasi di paddock Sirkuit Losail, Qatar, kemarin (5/3). Tidak terlalu ramai dan tak tampak pengamanan spesial. Foto kiri, rider Indonesia Andi Farid Izdihar setelah pemotretan untuk kelas Moto2.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia