Jawa Pos

Dongkrak Daya Saing Kendaraan Komersial

-

GAIKINDO Indonesia Internatio­nal Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 resmi dibuka di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta kemarin (5/3). Acara itu bertujuan untuk mendorong industri otomotif di dalam negeri, khususnya produsen kendaraan komersial, agar semakin produktif dan inovatif sehingga mampu berdaya saing di kancah domestik maupun global.

’’Kendaraan komersial ini berperan penting, terutama dalam membantu perkembang­an infrastruk­tur dan pembanguna­n di tanah air,’’ ujar Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang Kartasasmi­ta pada pembukaan Gaikindo Indonesia Internatio­nal Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 di Jakarta kemarin (5/3).

Menperin memberikan apresiasi kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menyelengg­arakan Giicomvec 2020 dengan konsep business-tobusiness untuk menampilka­n produk unggulan dan terbaru dari industri kendaraan komersial dan pendukungn­ya.

’’Produksi kendaraan jenis bus, truk, dan pikap pada 2019 sebesar 241 ribu unit. Sedangkan penjualan jenis kendaraan tersebut di pasar domestik sepanjang tahun lalu mencapai 232 ribu unit,’’ ungkapnya. Sementara itu, merujuk data Gaikindo, ekspor mobil pikap pada 2019 tercatat 9.187 unit atau meningkat 15 persen dibandingk­an angka pengapalan pada tahun sebelumnya yang hanya 7.957 unit.

Pada kesempatan ini, Menperin juga menyampaik­an apresiasi kepada para pelaku industri kendaraan komersial di dalam negeri atas partisipas­i dan dukunganny­a terhadap kebijakan mandatori biodiesel (B30) yang diluncurka­n Presiden Jokowi pada Desember 2019 di Jakarta. Sebab, program tersebut bakal membawa efek ganda bagi perekonomi­an nasional.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan, acara tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Gaikindo untuk mendorong industri otomotif, khususnya industri kendaraan komersial. Giicomvec 2020 juga menjadi momentum yang baik dalam menunjukka­n kepercayaa­n diri para pelaku industri nasional. ’’Kita harus tetap optimistis dalam membangun industri otomotif di tengah tekanan kondisi ekonomi global saat ini. Ditambah lagi adanya wabah Covid-19,’’ paparnya.

Dalam acara itu, Gaikindo berfokus mendorong isu keselamata­n melalui berbagai program edukasi. Sebab, di Indonesia, terjadi ribuan kasus kecelakaan setiap tahun yang melibatkan kendaran komersial. Selain itu, acara tersebut menjadi ajang pengenalan sejumlah kendaraan komersial baru. ’’Berbagai pembaruan terus terjadi dalam Giicomvec. Pada pameran kali ini akan ada lima produk kendaraan komersial yang diluncurka­n ke publik,’’ jelasnya.

Giicomvec 2020 menghadirk­an pilihan solusi transporta­si dari merek terbaik industri kendaraan komersial, yaitu Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Kia, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan sebagainya.

 ?? ALMUSOWIR/JAWA POS ?? KONSEP BUSINESS-TO-BUSINESS: Gaikindo menyelengg­arakan Giicomvec 2020 untuk menampilka­n produk unggulan terbaru dari industri kendaraan komersial dan pendukungn­ya.
ALMUSOWIR/JAWA POS KONSEP BUSINESS-TO-BUSINESS: Gaikindo menyelengg­arakan Giicomvec 2020 untuk menampilka­n produk unggulan terbaru dari industri kendaraan komersial dan pendukungn­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia