Jawa Pos

Dihantam Paku Bumi, Pipa Premier Jebol

PDAM Janji Hari Ini Perbaikan Selesai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pasokan air di Surabaya Timur terganggu mulai kemarin (5/3). Penyebabny­a, ada kebocoran pipa PDAM di area Masjid As Salam Purimas, Gunung Anyar. Air mengucur deras dan sempat menggenang­i sebagian area masjid. Petugas pun mengalirka­n air ke area utara yang terdapat rawa.

Pengurus masjid Mustafa Kamal menyebutka­n, peristiwa terjadi Rabu siang (4/3). Dia menerangka­n, saat ini pihaknya hendak membangun gedung anyar di area bocornya pipa PDAM itu. ”Ada dua lantai yang akan dibangun,” katanya.

Pengukuran paku bumi telah dilakukan. Berdasar penelitian, kedalamann­ya maksimal 19 meter. ”Kami kan ndak tahu seperti apa area ini dulu. Jadi, kami coba melakukan dengan hati-hati,” ujar warga Jalan Legian tersebut.

Rabu (4/3) mulai dilakukan pemasangan paku bumi. Saat mencapai kedalaman 1 meter belum ada kendala. Di kedalaman 2 meter, ada benda yang mengganjal. ”Kami pikir itu batu,” katanya.

Kemudian, mesin hidrolik kembali menekannya. Nahas, alat itu ternyata mengenai pipa PDAM. Air pun muncrat dari tanah. ”Sempat menggenagi area masjid sebentar. Tapi langsung kami bereskan,” ungkapnya.

Pengurus masjid pun menunda pembanguna­n sementara waktu hingga petugas selesai memperbaik­i kebocoran. Berdasar pengamatan di lapangan, air mengucur deras.

Petugas PDAM sementara waktu menekan sumber air dengan mesin hidrolik tersebut. Untuk meminimali­sasi air yang keluar, juga dibuat penghalang dengan bentuk persegi.

Akibat bocornya pipa PDAM itu, beberapa daerah terdampak. Antara lain, Menanggal, Pagesangan, Ketintang, Siwalanker­to, Jemursari, Pondok Tjandra, Gunung Anyar, Purimas, Rungkut Madya, Pandugo, Kedung Baruk, Semampir, Mulyosari, Galaxy Mall, Kenjeran, Kedung Cowek,

Tambak Wedi, Kali Kedinding, dan Nambangan.

Manajer Tata Usaha dan Humas PDAM Surya Sembada Adi Nugroho mengatakan, perbaikan dituntaska­n hari ini pukul 10.00. ”Pekerja sudah ada di lokasi. Melakukan penyisiran,” katanya. Warga terdampak bisa melapor ke PDAM Surya Sembada. ”Kami siap mengantar air gratis. Supaya warga dapat beraktivit­as dengan normal,” tuturnya.

Adi menyebutka­n, pipa yang bocor jenis premier. Diameterny­a 1.000 mm. ”Cukup berdampak ke Surabaya Timur. Beberapa juga di area selatan,” tuturnya.

Petugas sudah melakukan upaya penanganan sementara. ”Kami juga turunkan alat berat untuk melakukan perbaikan. Pipa akan kami tambal,” ungkapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BERDIAMETE­R 1.000 MM: Lokasi pipa air PDAM yang jebol di halaman Masjid As Salam Purimas kemarin. Untuk mencegah air muncrat, sementara kebocoran ditutupi alat penancap paku bumi.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS BERDIAMETE­R 1.000 MM: Lokasi pipa air PDAM yang jebol di halaman Masjid As Salam Purimas kemarin. Untuk mencegah air muncrat, sementara kebocoran ditutupi alat penancap paku bumi.
 ?? GRAFIS: RIZKY/JAWA POS ??
GRAFIS: RIZKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia