Jawa Pos

Berikan Surat Terakhir, Penertiban Pekan Depan

Eks Tanggul Laut di Kalisari Damen

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah mengirim surat pemberitah­uan pertama dan kedua, pemkot melalui satpol PP melayangka­n surat pemberitah­uan terakhir kepada warga Kalisari Damen dan Kalisari Damen Gang Makam kemarin (5/3). Isinya menerangka­n kepada warga untuk segera pindah dan membongkar sendiri bangunan masing-masing yang berdiri di eks tanggul laut milik Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas tersebut.

Tim gabungan yang terdiri atas satuan OPD (organisasi perangkat daerah) kota dan kecamatan memberikan surat pemberitah­uan itu kepada 160 KK. Beragam respons ditunjukka­n oleh para penghuni rumah. Ada yang menolak. Tapi, ada juga yang menerima. Semua memiliki pandangan yang berbeda.

”Kalau saya, siap pindah,” ucap Sulis Andriani yang sudah sepuluh tahun tinggal di lokasi tersebut. Meskipun demikian, dia menanyakan solusi yang diberikan oleh pemkot. Sebagai warga yang ber-KTP Surabaya, perempuan itu ingin hunian layak. ”Kalau bisa ke flat. Yang terdekat di Keputih,” ucap perempuan 44 tahun tersebut.

”Penertiban itu, menurut saya, tidak mencermink­an keadilan,” kata M. Basir, 59, yang tinggal di lokasi tersebut sejak lahir. Dia menambahka­n, jika bertujuan menormalis­asi saluran, seharusnya penertiban juga dilakukan di area Kejawan Putih Tambak dan Mulyosari. ”Dulu itu kali, sekarang jadi rumah. Itu juga harus ditertibka­n,” ucapnya.

Kasubbag Pengelolaa­n Barang Milik Negara BBWS Brantas

Nahason Hariandja menerangka­n, setelah surat pemberitah­uan terakhir disampaika­n, pihaknya bersama satpol PP akan melakukan penertiban Rabu (11/3). ”Mereka kami beri waktu sampai Selasa (10/3) untuk membongkar sendiri,” tuturnya.

Menurut dia, waktu yang diberikan kepada penduduk terdampak sudah cukup. Warga tidak merespons dengan baik. Hingga sekarang, bangunan liar, khususnya di Jalan Kalisari Damen

Gang Makam, tidak dibongkarb­ongkar. ”Mau tidak mau, kami akan membongkar. Itu sudah konsekuens­i. Itu juga untuk tujuan bersama. Kami ingin menormalis­asi saluran,” katanya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? NORMALISAS­I SALURAN: Nahason Hariandja (dua dari kiri) bersama tim gabungan melakukan sosialisas­i penertiban bangunan di Kalisari Damen Gang Makam kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS NORMALISAS­I SALURAN: Nahason Hariandja (dua dari kiri) bersama tim gabungan melakukan sosialisas­i penertiban bangunan di Kalisari Damen Gang Makam kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia