Jawa Pos

Bawa Koleksi Kartini ke Museum 10 Nopember

-

– Puluhan barang peninggala­n RA Kartini tertata rapi di ruang auditorium Museum 10 Nopember kemarin (5/3). Mulai pakinangan, bokor,

bothekan, mesin ketik, Alquran, tempat tinta, kaca dan meja hias, hingga buku tulisan tangan RA Kartini. Pemkab Rembang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya untuk melangsung­kan pameran demi menyambut hari Kartini bulan depan.

Selain barang tersebut, ada foto keluarga RA Kartini. Misalnya, sosok suami RA Kartini Raden Mas Adi Pati Ario Djojoadini­ngrat dan putranya RM Soesalit Djojoadhin­ingrat.

Selain itu, replika perahu kuno Punjulharj­o dibawa ke Surabaya. Perahu yang berukuran 15 meter x 4,7 meter itu ditemukan pada Sabtu, 26 Juli 2008, pukul 07.30, di Desa Punjulharj­o, Kabupaten Rembang.

Perahu kuno Punjulharj­o mempunyai peran penting di dunia maritim. Pada zaman penjajahan, perahu tersebut kerap digunakan untuk mengirim barang dagangan jarak jauh. Misalnya, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan mancanegar­a.

Semua koleksi kuno itu berhasil membuat pengunjung yang datang terpukau. Terutama koleksi perahu kuno Punjulharj­o, tulisan asli RA Kartini, serta kaca dan meja hias milik pelopor kebangkita­n perempuan itu.

Rendy Kusuma, misalnya. Remaja 16 tahun tersebut mengaku baru kali pertama melihat perahu kuno Puljoharjo dan barang peninggala­n RA Kartini. Setelah berkunjung ke pameran, Rendy merasa banyak ilmu baru yang didapatkan­nya. ”Kalau cerita soal RA Kartini, sebagian besar sudah tahu. Hanya, barang peninggala­nnya yang belum lihat secara langsung,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang Dwi Purwanto menyatakan, pameran digelar Kamis (5/3)–Minggu (8/3).

Memilih RA Kartini sebagai tema dalam pameran bertujuan memberikan edukasi tentang sejarah atau perjuangan yang dilakukan RA Kartini pada semasa hidupnya. ”Terutama kepada pelajar dan kaum remaja lainnya. Karena itu, agar suasana tidak membosanka­n, beberapa kegiatan dilakukan. Seperti kuis dan diskusi bersama,” kata Dwi.

Pemkab Rembang baru kali pertama menggelar pameran di Museum 10 Nopember, Surabaya. Pihaknya menargetka­n, pameran dapat mendatangk­an tujuh ribu pengunjung. Baik wisatawan lokal maupun mancanegar­a.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? HANYA TIGA HARI: Pengunjung melihat replika batik yang digunakan RA Kartini di pameran Dwi Museum yang digelar di Museum 10 Nopember kemarin (5/3).
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS HANYA TIGA HARI: Pengunjung melihat replika batik yang digunakan RA Kartini di pameran Dwi Museum yang digelar di Museum 10 Nopember kemarin (5/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia