Jawa Pos

Ingin Segera Bangun Jalan Rusak

Pemkab Respons Keluhan Warga

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Warga Desa Damarsi makin kesal dengan kondisi Jalan Ir Juanda. Akses sepanjang 500 meter itu masih rusak. Di sana sini tampak lubang, bak arena off-road. Keluhan warga tersebut diluapkan dengan menanam pohon pisang lagi.

”Biar pemkab tahu jalan rusak,” ucap Ali Mahsun, warga setempat. Di pohon pisang, warga menempelka­n poster. Isinya sindiran. Salah satunya berbunyi Dilarang Mancing di Sini. Ali menjelaska­n, Jalan Ir Juanda rusak sejak pertengaha­n Januari. Jalan berlubang setelah tergenang air hujan.

Ditambah kendaraan berat. Setiap hari puluhan truk bermuatan tanah urukan melaju di akses tersebut. ”Karena di Desa Wagir ada pengurukan lahan perumahan,” paparnya. Pria 56 tahun itu berharap pemkab segera turun tangan. Jalan rusak dibenahi. ”Jangan menunggu banyak pengendara roda dua jatuh,” ucapnya.

Selain Jalan Ir Juanda, Jalan KH Ali Mas’ud, Buduran, juga remuk. Satu lajur berlubang. Padahal, bulan lalu pemkab sudah memperbaik­i akses tersebut. Agar tidak ada korban, warga menutup lajur yang rusak. Tepatnya depan Perumahan Grand Teratai.

”Lebih baik ditutup. Lubangnya dalam. Selain itu terendam air. Jadi tidak terlihat,” papar Kartika, warga Perumahan Grand Teratai.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Yudhi Kartikawan mengatakan sudah menyebar tim untuk memperbaik­i jalan rusak. Dia mencontohk­an Jalan Mangkurejo, Kwangsan,

Sedati. ”Jalan yang rusak sudah diuruk,” jelasnya.

Dia mengakui memang masih banyak yang belum tersentuh. Jalan Ir Juanda dan KH Ali Mas’ud, misalnya. Menurut Yudhi, perbaikan jalan terkendala cuaca.

Saat ini hujan terus mengguyur Kota delta. ”Kalau ditangani, aspal cepat rusak lagi,” paparnya.

Kapan perbaikan dimulai? Yudhi mengatakan, jalan rusak bakal ditingkatk­an. Jalur dibeton. Proses lelang dimulai akhir bulan ini. ”Harapan kami, bulan depan sudah ada pengerjaan,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, Jalan KH Ali Mas’ud merupakan jalan yang dibangun pengembang. Sampai saat ini fasilitas tersebut belum diserahkan ke pemkab. ”Sehingga kami belum bisa melakukan peningkata­n jalan,” ucapnya.

Cak Nur –sapaan akrab Nur Ahmad– menyatakan bahwa pemkab bakal berkomunik­asi dengan pengembang. Setelah ada kepastian, jalan itu akan dibeton. ”Saya minta bulan ini perencanaa­n pembanguna­n selesai. Sehingga bisa segera dibangun,” paparnya.

NUR AHMAD SYAIFUDDIN

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TUNGGU PENGEMBANG: Jalan KH Ali Mas’ud yang rusak parah tidak bisa diperbaiki karena pengembang belum menyerahka­nnya ke Pemkab Sidoarjo.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TUNGGU PENGEMBANG: Jalan KH Ali Mas’ud yang rusak parah tidak bisa diperbaiki karena pengembang belum menyerahka­nnya ke Pemkab Sidoarjo.
 ?? ARISKRI PRASETYOHA­DI/JAWA POS ?? KERAS: Tulisan warga yang kesal dengan kondisi Jalan Ir Juanda, Damarsi.
ARISKRI PRASETYOHA­DI/JAWA POS KERAS: Tulisan warga yang kesal dengan kondisi Jalan Ir Juanda, Damarsi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia