Jawa Pos

Pameran untuk Pencinta Game

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jajaran stan game terlihat saat memasuki arena Surabaya Community Fest 2020 di Blockbuste­r Museum Surabaya kemarin (5/3). Tampak juga mesin arcade atau mesin dingdong. Para pengunjung terlihat menjajal mesin game yang populer pada era 90-an itu. Pameran dan gathering tersebut bertema Gamer Verse.

Sebanyak sepuluh komunitas game di Jawa Timur berkontrib­usi dalam acara itu. Mereka hadir di tiap stan untuk menyediaka­n berbagai game yang bisa dinikmati para pengunjung. Misalnya, board game, werewolf game, dan fighting game. Tidak hanya bisa bermain, pengunjung juga bisa berkompeti­si melalui game tersebut.

Di area tengah, tersedia dua etalase kaca yang sudah ditata dengan berbagai benda di dalamnya. Benda-benda itu merupakan konsol game dari zaman ke zaman. Di antaranya, video game dan game boy. Di bagian luar etalase, sudah ada penjelasan setiap konsol itu. Terlihat beberapa pengunjung antusias saat memandangi­nya. ”Banyak konsol zaman dulu yang baru aku lihat sekarang, soalnya aku lahir pada 2000-an,” tutur Deva Irsyad, salah seorang pengunjung.

Di area luar, juga terdapat puluhan sketsa lukisan yang terpajang. Sketsa itu menampilka­n berbagai karakter. Misalnya, superhero dan beberapa karakter game seperti Wonder Woman, Spider-Man, dan Wolverine. Sketsa warna-warni itu merupakan karya seniman Andreanus Gunawan. Dia mengaku hobi melukis karakter-karakter tersebut sejak menjadi pelukis poster bioskop. ”Kebetulan, saya juga hobi rupa karakter dan tema acaranya juga pas,” tutur Andre. Kolektor action figure itu merasa, rupa karakter akan lebih hidup dengan sketsa warna.

Penyelengg­ara Febri Putra menyatakan bahwa agenda tersebut bertujuan mempererat banyak komunitas. Mulai pencinta game dan action figure, cosplayer, hingga seniman. Mereka disatukan dalam acara tahunan yang bertema game. Tema tersebut dipilih karena eksistensi game yang dirasa maju pesat pada era ini. ”Sampai kita ternyata bisa menghasilk­an uang dari game,” kata Febri. Selain itu, mereka ingin mengetahui berbagai pengetahua­n tentang game dan seni di dalamnya. ”Jadi, kami mengundang seniman yang terkenal untuk melukis karakter komik atau action figure,” imbuhnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ??  ?? GAMER VERSE: Pengunjung melihat sketsa karakter superhero yang dipamerkan kemarin. Foto bawah, dua pengunjung menjajal game Super Mario Brothers yang beken pada era ’90-an.
GAMER VERSE: Pengunjung melihat sketsa karakter superhero yang dipamerkan kemarin. Foto bawah, dua pengunjung menjajal game Super Mario Brothers yang beken pada era ’90-an.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia