Jawa Pos

DPUBMP Perbaiki Plengsenga­n Ambrol di Darmo Harapan

Debit Air Tinggi, Lurah Usulkan Tambah Saluran Baru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setiap hujan, masyarakat perumahan Darmo Harapan mengeluh. Kondisi jalan sering tergenang. Sebab, debit saluran air tinggi. Air meluber. Saking besarnya arus, daya tahan plengsenga­n menjadi tidak kuat. Plengsenga­n akhirnya ambrol.

”Ada tiga titik yang rusak,” tutur Sukotjo, salah seorang petugas keamanan setempat. Titik pertama berada di Jalan Raya Darmo Harapan. Tepatnya depan TK & SD Kristen Petra 10. Titik kedua dan ketiga berada di Jalan Raya Darmo Harapan Utara. ”Kejadian sekitar Februari,” jelasnya.

Lantas, bagaimana kondisi sekarang? ”Sudah direspons cepat oleh dinas terkait,” jawabnya. Ya, berdasar pantauan kemarin (13/3), sejumlah satgas Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya tampak memperbaik­i plengsenga­n.

Menurut pengawas saluran air Darmo Harapan yang tidak mau namanya disebutkan, plengsenga­n rusak karena tidak kuat menahan debit air yang terlalu besar. Selain itu, aliran saluran ke hilir menyempit. ”Volume air cepat meninggi sampai meluber. Genangan pun sulit diantisipa­si,” terangnya. Walau begitu, lanjut dia, plengsenga­n cepat diperbaiki dan diperkuat.

Di sisi lain, ada peninggian tanggul, baik di saluran sisi utara maupun selatan. Namun, pengerjaan­nya belum rampung. Lurah Tanjungsar­i Kamari menyampaik­an, pengerjaan tidak berhenti. Namun, tim satgas mempriorit­askan yang lebih urgen.

Yakni, perbaikan plengsenga­n yang ambrol. ”Kalau itu tidak segera diperbaiki, plengsenga­n lain bisa ikut roboh,” jelasnya. Setelah perbaikan itu tuntas, dia memastikan bahwa peninggian tanggul berlanjut.

Terkait dengan antisipasi luapan air, Kamari menyatakan diperlukan penambahan saluran yang baru. Sebab, kiriman air yang masuk ketika musim hujan terlalu besar. Daya tampungnya tidak memadai lantaran air yang mengalir ke hilir menyempit. ”Sudah saya usulkan penambahan itu dalam musrenbang,” ujarnya.

Ke depan, lokasi pembanguna­n saluran baru direncanak­an berada di sekitar Jalan Raya Darmo Harapan Utara IX. Ukurannya 40 x 60 sentimeter seperti selokan kecil yang memanjang hingga 70 meter. ”Kalau ini terwujud, bisa mengurangi beban di saluran lama,” harapnya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? DIPERKUAT: Tim satgas DPUBMP memperbaik­i plengsenga­n saluran yang ambrol di Darmo Harapan Utara kemarin (13/3).
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS DIPERKUAT: Tim satgas DPUBMP memperbaik­i plengsenga­n saluran yang ambrol di Darmo Harapan Utara kemarin (13/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia