Jawa Pos

Tidak Bersalaman dan Bagi Hand Sanitizer

Acara Wisuda ITS Hari Ini

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pencegahan persebaran virus korona terus dilakukan. Misalnya yang dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Unit Pengembang­an Smart Eco Campus memproduks­i hand sanitizer 1.500 botol berukuran 60 mililiter kemarin (13/3). Antiseptik tersebut akan didistribu­sikan ke seluruh wisudawan yang akan diwisuda hari ini.

Produksi hand sanitizer itu dilakukan di laboratori­um kimia mikroorgan­isme fakultas sains dan analitika data. Di bawah pengawasan dosen kimia ITS Herdayanto S. Putro dan Kepala Unit Pengembang­an Smart Eco Campus ITS Susi A. Wilujeng. ’’Sebenarnya semua orang bisa saja membuat hand sanitizer. WHO juga sudah menyebarka­n standar hand sanitizer yang dapat membunuh kuman maupun virus,” ucap Herdayanto.

Dia menyebut, ITS menggunaka­n standar yang sama seperti WHO. Namun, ada tambahan resep sebagai inovasi. Hand sanitizer yang dibuat menggunaka­n konsentras­i etanol 80 persen. ’’Di mana, etanol 70 persen saja sudah bisa membunuh kuman dan bakteri,” jelasnya.

Wakil Rektor III ITS Ahmad Rusdiansya­h menyatakan, wabah Covid-19 yang kian merebak di Indonesia memang menjadi perhatian khusus ITS. Khususnya dalam kegiatan yang melibatkan kerumunan orang seperti wisuda. Pembagian hand sanitizer menjadi salah satu solusi untuk meminimalk­an penularan Covid-19. ’’Selain itu, kami membuat alur penyerahan ijazah wisuda yang agak berbeda dari biasanya,” ujarnya.

Doddy menjelaska­n, dalam prosesi wisuda, tidak ada aktivitas bersalaman. Seluruh wisudawan pun harus menggunaka­n hand sanitizer yang telah disediakan. Alurnya, wisudawan menempati tempat duduk, kemudian duduk di barisan sesuai urutan. ’’Wisudawan menerima ijazah, menunjukka­n ijazah, dan berfoto tanpa bersalaman.”

 ?? ROBERTUS RISKY/ JAWA POS ?? BUAT INTERNAL: Mahasiswa membuat hand sanitizer di Laboratori­um Kimia Mikroorgan­isme Fakultas Sains dan Analitika Data ITS kemarin. Antiseptik tangan tersebut untuk wisudawan.
ROBERTUS RISKY/ JAWA POS BUAT INTERNAL: Mahasiswa membuat hand sanitizer di Laboratori­um Kimia Mikroorgan­isme Fakultas Sains dan Analitika Data ITS kemarin. Antiseptik tangan tersebut untuk wisudawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia