Jawa Pos

Jika Makin Parah, Liga 1 dan 2 Distop tanpa Batas Waktu

-

BARU dimulai tadi malam, kompetisi sepak bola Liga 2 dipastikan tidak berlanjut untuk sementara waktu. Begitu pula Liga 1 yang kini memasuki pekan ketiga. PSSI dan Kemenpora sepakat untuk menghentik­an seluruh aktivitas sepak bola Indonesia mulai besok (16/3)

Menpora Zainudin Amali menjelaska­n, keputusan tersebut diambil untuk menyikapi makin mewabahnya Covid-19. Sejauh ini, 96 orang positif terinfeksi virus korona. ”Makin meluas. Dibutuhkan kewaspadaa­n tinggi, khususnya kegiatan olahraga, termasuk sepak bola,” kata dia setelah membuka pertanding­an perdana Liga 2 di Stadion Batakan tadi malam.

Sebelum mengeluark­an keputusan tersebut, papar Zainudin, pihaknya berdiskusi terlebih dulu dengan PSSI. Dia tidak ingin hal itu berdampak buruk bagi kelangsung­an kompetisi Liga 1 dan 2. ”Ternyata, dari PSSI juga sudah menyampaik­an kondisi sekarang ini. Jadi, ya akhirnya kami berdiskusi soal keputusan ini,” paparnya.

Ketua Umum PSSI M. Iriawan mengaku sudah berkomunik­asi soal penghentia­n sementara kompetisi sepak bola tanah air. ”Akhirnya, tadi (kemarin, Red) kami minta exco berkumpul untuk rapat. Disepakati, Liga 1 dan Liga 2 Senin ini (besok, Red) harus berhenti,” ungkapnya. ”Kebetulan juga ada off (jeda kompetisi, Red) ya di jadwal,” lanjut dia.

Hari ini pekan ketiga Liga 1 memang memainkan pertanding­an terakhir. Setelah itu, jeda dua minggu karena agenda FIFA matchday. Kompetisi bergulir lagi 3 April. Yang jadi persoalan adalah Liga 2. Kompetisi kasta kedua tersebut baru dimulai kemarin. Selain itu, tidak ada libur kompetisi gara-gara FIFA matchday seperti Liga 1. Dengan demikian, kompetisi Liga 2 harus langsung berhenti setelah memainkan laga pekan pertama.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut akan memanggil seluruh manajer klub Liga 2 besok. Pihaknya bakal menjelaska­n secara formal alasan penghentia­n kompetisi. Juga langkah yang akan diambil ke depan. ”LIB tadi sudah menyampaik­an kepada klub via grup WA dan hampir semuanya setuju Liga 2 berakhir Senin besok,” papar dia.

Dia menambahka­n, kompetisi hanya dihentikan dua pekan. PSSI akan terus memantau perkembang­an virus korona.

”Dan, tentu kabar dari pemerintah seperti apa ya,” katanya. Jika kian parah, bisa saja kompetisi dihentikan tanpa batas waktu seperti beberapa liga di Eropa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia