Jawa Pos

PDAM Pasang Reservoir di Pakuwon

Minimalkan Problem Tekanan Air

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemerintah Kota Surabaya melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) terus menggenjot kualitas pelayanan air. Mulai perbaikan pipa hingga menghadirk­an reservoir. Tahun ini perusahaan pelat merah itu memasang reservoir di kawasan Pakuwon, Kecamatan Lakarsantr­i, Surabaya Barat.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman Sukirno menjelaska­n, reservoir berfungsi untuk mencadangk­an, meningkatk­an tekanan, dan menjaga kontinuita­s pelayanan air. Harapannya, problem terkait kualitas air bisa diminimalk­an dengan baik. ’’Selain Pakuwon, ada Keputih dan Kalijudan. Rencana pembanguna­n reservoirn­ya juga tahun ini,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Reservoir yang menyedot anggaran PDAM sekitar Rp 20 miliar itu mampu mengalirka­n air hingga 300 meter kubik di kawasan sekitar Pakuwon.

Dia menambahka­n, pemasangan bakal disesuaika­n dengan kondisi tanah. ’’Jika kondisi tanahnya tinggi, ya dipasang di ketinggian tertentu,’’ tambahnya. PDAM akan mengkaji dengan detail kontur tanah sebelum pemasangan.

Di Surabaya Barat, Pakuwon bukan satu-satunya wilayah yang dipasangi reservoir. Ada juga di CitraLand, Kandangan, dan Pakal. Humas PDAM

Adi Nugroho menyatakan, reservoir di Kandangan memiliki kemampuan mengalirka­n air hingga 1.000 meter kubik. ’’Untuk yang di Pakuwon, yang akan datang itu, lokasinya di belalai CitraLand. Kalau dari Unesa, belok kanan. Tepatnya dekat makam desa sekitar,’’ paparnya.

Adi menambahka­n, reservoir juga ada di lokasi lain. Yakni, Kedung Cowek, Kecamatan Bulak. Kemampuan reservoir mengalirka­n air mencapai 250 meter kubik.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? PERMUKIMAN: Kawasan Pakuwon difoto dari perangkat drone beberapa waktu lalu. PDAM berencana membangun reservoir untuk memastikan layanan air di kawasan tersebut lancar.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS PERMUKIMAN: Kawasan Pakuwon difoto dari perangkat drone beberapa waktu lalu. PDAM berencana membangun reservoir untuk memastikan layanan air di kawasan tersebut lancar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia