Jawa Pos

Cegah Curanmor, Bagikan Kunci Ganda Gratis

-

GRESIK, Jawa Pos – Iqbal Ramadhan merasa gembira. Pengendara motor yang kemarin melintas di Jalan A. Yani itu tak lagi waswas karena motornya lebih aman.

Saat melintas di depan GOR Tridharma Petrokimia Gresik kemarin, pemuda 23 tahun tersebut memperoleh kunci ganda gratis dari jajaran Satreskrim Polres Gresik. ’’Bisa lebih aman. Apalagi, saya ngekos. Sering jadi sasaran maling,’’ ungkapnya.

Bukan hanya Iqbal. Kunci ganda gratis juga dibagikan kepada pengendara motor lain yang melintas di kawasan itu. Aksi tersebut merupakan bagian dari program yang digulirkan Satreskrim Polres Gresik untuk menekan angka kriminalit­as. Terutama kasus 3C (curat, curas, dan curanmor) yang marak terjadi.

Kanit Pidum Satreskrim Polres Gresik Ipda Daniel Darusman menyatakan, sembari membagikan kunci ganda, pihaknya mengimbau warga untuk meninggalk­an kendaraan dalam keadaan aman. ’’Sebab, modus yang digunakan semakin beragam dan canggih,’’ terangnya.

Para pelaku memperhitu­ngkan situasi sebelum beraksi. Mulai tempat hingga waktu. ’’Dari berbagai laporan, pelaku butuh waktu tidak sampai semenit. Memanfaatk­an kesempatan saat korban lengah,’’ papar Daniel.

Hal itu juga dipicu lemahnya sistem pengamanan motor. Karena itu, petugas membagikan kunci ganda khusus untuk kendaraan bermotor. Program pemberian kunci ganda tersebut akan terus dijalankan. Khususnya di titik-titik rawan kejahatan di Kota Pudak.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? PENCEGAHAN: Selain memberikan­nya secara cuma-cuma, petugas Satreskrim Polres Gresik menyampaik­an cara pemakaian kunci ganda kepada pengendara.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS PENCEGAHAN: Selain memberikan­nya secara cuma-cuma, petugas Satreskrim Polres Gresik menyampaik­an cara pemakaian kunci ganda kepada pengendara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia