Jawa Pos

Rute Suroboyo Bus hingga Kenpark

Dishub Kaji Penambahan Jalur di Lokasi Strategis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat memiliki pilihan transporta­si umum untuk menjangkau tempat wisata di Surabaya Timur. Untuk menuju Kenjeran Park (Kenpark), masyarakat bisa menggunaka­n Suroboyo Bus. Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya sudah memperpanj­ang rute angkutan masal tersebut ke lokasi wisata itu.

Keputusan perpanjang­an rute diambil setelah melihat animo masyarakat yang hendak menuju ke destinasi wisata itu. Harapannya, penambahan trayek tersebut bisa menarik lebih banyak penumpang transporta­si umum.

Kasi Angkutan Darat Dishub Surabaya Ali Mustafa menyatakan, rute itu diambil berdasar minat masyarakat. Pihaknya memandang selama ini keberadaan Suroboyo Bus rute middle east ring road (MERR) belum menjangkau Kenpark. Padahal, lokasinya tidak jauh dari rute lama. ”Rute tambahan itu kami aktifkan sejak awal bulan ini,” katanya.

Rute lama Suroboyo Bus hanya ada di U-turn kedua Jalan Kenjeran. Padahal, jarak untuk menuju Kenpark hanya terpaut 1 kilometer. Bus berhenti di depan pintu masuk area Kenpark. Halaman yang luas memudahkan kendaraan yang berkapasit­as 60 orang itu untuk lebih leluasa bermanuver.

Warga pun menyambut baik penambahan rute itu. Mereka memiliki alternatif lain untuk menjangkau tempat-tempat strategis di sepanjang MERR hingga Kenjeran. ”Kalau sebelumnya, paling mal saja, sekarang bisa turun ke taman hiburan itu,” ujar Sri Utami, salah seorang penumpang.

Ali menambahka­n, salah satu pertimbang­an dalam penambahan rute bus itu adalah potensi demand penumpang yang tinggi. Dengan begitu, penggunaan armada bus bisa lebih efisien. Dia menambahka­n, berdasar rencana awal, bus merah itu diperpanja­ng hingga Taman Suroboyo.

Namun, kondisi di lapangan belum memungkink­an. Terutama soal akses. ”Lebar jalan belum memungkink­an untuk dilewati bus tersebut,” tuturnya.

Ditanya soal alternatif penambahan rute lain, Ali menyatakan hingga saat ini rencana itu masih terus digodok. Dishub masih mengevalua­si rute-rute lain yang cukup tinggi demand penumpangn­ya. ”Saat ini masih kami survei di semua area kota untuk mencari titik mana yang kira-kira banyak penumpangn­ya,” jelas Ali.

Selain penambahan rute, sarana pendukung pun terus dilakukan. Khusus rute MERR, akan ada tiga halte yang dibangun. Namun, belum ditentukan titik mana yang bakal diganti dari bus stop menjadi halte. Saat ini di rute itu baru ada tiga titik halte. Di antaranya, MERR sisi Nginden Jangkungan.

Tahun ini jumlah armada kendaraan itu juga bakal ditambah. Rencananya, ada delapan unit bus yang melayani trayek kendaraan tersebut. Nanti total ada 28 kendaraan yang dimiliki Pemkot Surabaya. ”Masih pengerjaan. Dijadwalka­n akan datang pada Oktober 2020,” paparnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SEMAKIN DIMINATI: Suroboyo Bus melintas di kawasan MERR kemarin. Dishub memperpanj­ang rute hingga Kenpark.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SEMAKIN DIMINATI: Suroboyo Bus melintas di kawasan MERR kemarin. Dishub memperpanj­ang rute hingga Kenpark.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia