Jawa Pos

Pelajar Berikan Donasi Pohon ke Sekolah Lain

-

SURABAYA, Jawa Pos – Saat siang, suasana di SDN Kedung Cowek I menyengat. Apalagi, pepohonan di sekolah merger tersebut masih minim. Padahal, suasana rindang bisa membuat pelajar nyaman belajar.

Hal itulah yang mendasari penanaman pohon di sekolah tersebut kemarin (14/3). Menariknya, tanaman itu merupakan bantuan murid SDN Tanah Kali Kedinding I. Yakni, Pertiwi Eka dan Foni Sundaram. Pohon tersebut berjenis kelor dan mahoni. ’’Ini juga bagian dari program Putri Lingkungan Hidup 2020. Saya harus membagikan seribu tanaman ke sekolah-sekolah,” kata Pertiwi Eka.

Siswi kelas V itu menjelaska­n, saat ini sudah ada 200 tanaman yang diberikan. ’’Kalau hari ini (kemarin, Red) saya bagikan 50 batang kelor dan 25 bibit mahoni. Sebelumnya di SMPN 60 dan sekolah saya sendiri,” katanya.

Pertiwi menerangka­n, pembelian tanaman kelor itu berasal dari dana pribadi. ’’Bibitnya saya beli. Nah, pohon mahoni berasal dari sekolah,” ucapnya. SDN Kedung Cowek I dipilih karena area tersebut masih membutuhka­n tanaman. ’’Cuacanya memang panas,” ujar direktur utama Arkensi Surabaya Eco School (ASES) 2019 tersebut.

Sementara itu, Koordinato­r Adiwiyata SDN Tanah Kali Kedinding I Janny Mudjijanto menjelaska­n, donasi pohon tersebut merupakan bagian dari peningkata­n kesadaran lingkungan. Sebagai sekolah dengan gedung dan lokasi baru, SDN Kedung Cowek I memang perlu memperbany­ak pohon. ’’Kami memilih dua pohon ini karena tipenya sebagai pelindung. Diharapkan, ke depan pohon tersebut bisa membuat kawasan sekolah rindang dan siswa nyaman belajar,” tambahnya.

 ?? FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS ?? TIPE PELINDUNG: Pertiwi Eka (putih) dan Foni Sundaram (merah) menanam pohon kelor di halaman SDN Kedung Cowek I kemarin.
FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS TIPE PELINDUNG: Pertiwi Eka (putih) dan Foni Sundaram (merah) menanam pohon kelor di halaman SDN Kedung Cowek I kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia