Jawa Pos

Raih Juara Satu Kompetisi Anatomi Nasional

Dua Mahasiswa FK Ubaya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universita­s Surabaya (Ubaya) berhasil menyabet juara pertama di ajang Kompetisi Anatomi Nasional 2020. Mereka mengalahka­n 30 tim dari mahasiswa preklinik FK di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta se-Indonesia.

Mereka adalah Tasya Fabiola Alim dan Marsellinu­s Yongke Djuhartono. Selain juara pertama, Tasya berhasil meraih

predikat most valuable player of aorta (an adventure toward the human body).

Tasya menyatakan, tim Ubaya berhasil lolos melewati dua babak kompetisi. Yakni, kualifikas­i dan babak. Setiap babak terdiri atas beberapa pos yang berisi soal kasus dan tantangan untuk peserta. ”Ada lima pos yang harus dilewati agar lolos dan masuk final,” katanya.

Setiap tim memiliki sembilan nyawa untuk menyelesai­kan kompetisi dengan konsep amazing race. Jadi, jika satu tim tidak bisa menjawab kasus, mereka kehilangan satu nyawa dan harus kembali ke pos sebelumnya agar bisa masuk ke pos berikutnya.

Yongke menambahka­n, mengikuti kompetisi nasional tersebut membuatnya memiliki wawasan yang lebih luas. Khususnya tentang anatomi manusia yang merupakan fondasi atau pelajaran dasar yang wajib dikuasai dan dipahami seluruh mahasiswa fakultas kedokteran.

”Tantangan yang tersulit ada pada pos keempat. Peserta harus menyusun potongan gambar X-ray dari tubuh seorang penderita. Setelah itu, peserta diberikan soal-soal mengenai diagnosis dari penyakitny­a,” ujarnya.

Dia mengaku tertantang untuk mengukur kemampuan dan pengetahua­nnya tentang klinis atau ilmu dasar yang berkaitan dengan anatomi manusia. Mulai embriologi atau janin, manusia dewasa, hingga lanjut usia.

 ?? UBAYA FOR JAWA POS ?? BERPRESTAS­I: Tasya Fabiola dan Yongke Djuhartono.
UBAYA FOR JAWA POS BERPRESTAS­I: Tasya Fabiola dan Yongke Djuhartono.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia