Jawa Pos

Pembanguna­n Jembatan Dimulai Bulan Depan

Akses Penghubung SIB dan Taman Suroboyo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n jembatan penghubung antara Taman Suroboyo dan Sentra Ikan Bulak (SIB) dimulai bulan depan. Jembatan itu akan mempermuda­h akses pengunjung menuju sentra wisata kuliner (SWK) di lantai 2. Butuh waktu satu semester untuk merealisas­ikan akses sepanjang 50 meter itu.

Penambahan pernak-pernik tetenger di kawasan wisata Taman Suroboyo terus dilakukan. Tujuannya, melengkapi landmark yang sudah ada seperti patung Suro dan Boyo setinggi 25 meter.

Salah satu yang segera terealisas­i adalah pembanguna­n jembatan layang. Akses tersebut dimaksudka­n agar wisatawan tidak perlu repot menyeberan­gi jalan raya. Selain lebih aman, jembatan itu memberikan kesan unik bagi kawasan wisata tersebut. ’’Nanti atap jembatan itu menggunaka­n membran. Dibentuk seperti layar perahu nelayan,’’ papar Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no.

Iman, sapaannya, mengatakan bahwa saat ini pengerjaan masih menunggu lelang rampung. Rencananya, pekan depan proses tender masuk sistem lelang dan pengadaan. ’’Perkiraan kami awal April ada kontrak dengan pemenang lelangnya,’’ ucapnya.

Jembatan tersebut bakal memiliki panjang 50 meter dan lebar 4 meter. Dalam masterplan yang sudah dirancang, akses tersebut dilengkapi hiasan lampu LED warna-warni. ’’Kami targetkan pengerjaan berlangsun­g selama 6 bulan,’’ paparnya.

Secara bertahap, pemkot akan merevitali­sasi kawasan itu. Selain SIB, penataan bakal dilangsung­kan di Taman Bulak dan selter lin. Perombakan bakal dilakukan untuk menambah berbagai fasilitas seperti taman bermain hingga tempat parkir yang lebih luas.

 ?? REPRO GALIH ADI/JAWA POS ?? SEGERA DIBANGUN: Jembatan penghubung antara Taman Suroboyo dan SIB yang memiliki desain atap seperti layar kapal dan dihiasi lampu LED warna-warni.
REPRO GALIH ADI/JAWA POS SEGERA DIBANGUN: Jembatan penghubung antara Taman Suroboyo dan SIB yang memiliki desain atap seperti layar kapal dan dihiasi lampu LED warna-warni.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia