Jawa Pos

Sedimentas­i Tinggi, Main Bola di Kalimas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hampir semua titik sedimentas­i di kali Surabaya tinggi. Hal itu mengundang perkumpula­n mahasiswa Muhammadiy­ah for Maritim Indonesia untuk beraksi. Mereka bermain bola di tengah Kalimas. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk keprihatin­an karena normalisas­i belum dilakukan.

Dengan bertelanja­ng kaki, peserta aksi nekat melintasi Kalimas. Tepat di tengah Kalimas, mereka justru bermain sepak bola. Berbalut lumpur dan sedikit becek, para mahasiswa tetap santai memainkan si kulit bundar. ’’Ini bentuk sindiran,’’ kata Koordinato­r Aksi Muhammad Angga Afarizy kemarin siang (14/3).

Menurut dia, tingginya sedimentas­i akan membawa dampak yang kurang baik. Misalnya, fungsi kali kurang optimal. Daya tampung volume air akan berkurang jika sedimentas­i tak segera dikeruk. Termasuk mengganggu sistem transporta­si sungai.

Dalam aksi tersebut, protes ditujukan kepada pusat. Salah satunya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan Jasa Tirta selaku pengelola sungai. Jika dibiarkan, wargalah yang merasakan dampaknya. ’’Saat hujan, sungai tak bisa menampung air dalam jumlah banyak,’’ katanya.

Forum Maritim Jawa Timur Ali Yusa menyatakan, kali di Surabaya sudah lama tidak dinormalis­asi. Imbasnya, sedimentas­i melebihi dasar aliran sungai (DAS). Padahal, jaraknya seharusnya 3 meter di bawah DAS.

Ironisnya, saat siang atau jadwal air laut pasang, kondisi Kalimas justru dangkal. Bahkan bisa digunakan untuk bermain bola. Menurut Yusa, tingginya sedimentas­i juga berpengaru­h pada baku mutu air. Artinya, masalah tersebut memiliki pengaruh yang luas. Karena itu, pihaknya berharap ada langkah konkret dari pusat. Sebab, sungai dangkal tidak hanya terjadi di Surabaya, tetapi juga di wilayah lain. Sementara itu, air sepanjang sungai dimanfaatk­an sebagai sumber air bersih oleh PDAM. ’’Harus segera dinormalis­asi,’’ terangnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? AKSI PROTES: Lima mahasiswa yang tergabung dalam Muhammadiy­ah for Maritim Indonesia bermain sepak bola di Kalimas.
ANGGER BONDAN/JAWA POS AKSI PROTES: Lima mahasiswa yang tergabung dalam Muhammadiy­ah for Maritim Indonesia bermain sepak bola di Kalimas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia