Jawa Pos

Masih Ada Pipa Air Umbulan yang Bocor

-

SIDOARJO, Jawa Pos – PDAM Delta Tirta memastikan dua minggu lagi, 30 Maret, aliran air dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan akan mengaliri Sidoarjo. Saat ini, petugas masih uji coba dan mengecek pipa saluran air. Di beberapa lokasi masih ada yang bocor.

Pjs Dirut PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao menyebutka­n, sampai kemarin petugas masih melakukan commission­ing atau beberapa kegiatan pemeriksaa­n dan pengujian. ”Masih ada yang bocor lagi,” katanya.

Misalnya, uji coba di rumah meter Kahuripan Nirwana dan Citra Garden. ”Valve-nya atau krannya masih ada yang bocor,” ujar Abdul.

Karena itu, pihaknya masih melakukan pengecekan terusmener­us. Namun, distributi­on center (DC) Tanggulang­in sudah terisi penuh kemarin. ”Sebelumnya, awal-awal airnya belum bersih, jadi kami buang dulu beberapa kali,” ungkap Abdul.

Saat ini, air belum dicoba untuk dialirkan lagi. Sebab, ada sejumlah transmisi yang juga dalam perbaikan. Setelah transmisi beres, uji coba pengaliran air dilakukan kembali. Selain itu, PDAM menunggu pengerjaan DC di Candi yang masih ada pengerjaan jaringan antara rumah meter ke distributi­on center. ”Di delapan DC yang ada itu pembenahan semua, ada yang bocor langsung diperbaiki,” terangnya.

”Di Buduran juga masih ada jaringan yang bermasalah, sedang diperbaiki ini,” tambah pria asli Buton itu. Namun, dia memastikan akhir bulan semuanya sudah selesai. Air Umbulan dengan kapasitas 200 liter per detik mengaliri Sidoarjo. ”Awalnya kami target tanggal 15 ini (hari ini, Red) sudah beres semua, ternyata pekerjaan belum sempurna semuanya,” kata Abdul.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TEMPAT PENAMPUNGA­N: Distributi­on center air Umbulan di kawasan Candi. PDAM Delta Tirta memiliki delapan distributi­on center untuk menampung air Umbulan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TEMPAT PENAMPUNGA­N: Distributi­on center air Umbulan di kawasan Candi. PDAM Delta Tirta memiliki delapan distributi­on center untuk menampung air Umbulan.
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BELUM KETEMU: Masyarakat melihat pasukan gabungan menyisir Sungai Siwalanpan­ji untuk mencari jenazah Putri kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS BELUM KETEMU: Masyarakat melihat pasukan gabungan menyisir Sungai Siwalanpan­ji untuk mencari jenazah Putri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia