Jawa Pos

Bermain Musik dengan Alat Musik Rakitan

Di Unen-Unen Ambyar, Festival Sound Art Se-Jatim

-

SURABAYA, Jawa Pos – Puluhan sound artists dari berbagai wilayah di Jawa Timur berkumpul dalam festival seni bunyi di AJBS Creative World kemarin (14/3). Festival yang mengusung tema Unen-Unen Ambyar itu menggelar workshop, pameran, dan konser.

Berbagai kreasi alat musik bunyi menghiasi sudut-sudut bangunan tersebut. Bentuknya macam-macam dan bisa dibilang sedikit tak lazim. Sebab, alat-alat musik itu dibuat dari berbagai barang yang sudah tidak terpakai. Namun, benda-benda tersebut dikreasika­n sedemikian rupa hingga bisa menghasilk­an suara.

Ketua Fesital Unen-Unen Ambyar Khafidz Fadli menjelaska­n, festival digelar dengan tujuan mengumpulk­an para sound artists eksperimen­tal di seluruh Jawa Timur untuk unjuk karya dan saling sharing. ’’Hari ini kita tampil satu per satu setelah Jumat ada workshop soal pembuatan alat bunyi,’’ terangnya kemarin.

Gathering tersebut ternyata menjadi event pertama bagi para seniman musik bunyi untuk berkumpul dalam jumlah besar. ’’Yang spesial tentang seni bunyi ini, kita tidak condong pada musik yang sudah ada pada umumnya. Jadi, alat-alat pun kita ada yang dari barang bekas, mainan efek, sampai rakit sendiri,’’ jelasnya.

Seperti halnya yang ditampilka­n Salamander Kodok Amprong. Dengan keyboard bekas, dia menghasilk­an musik yang bisa keluar hanya dengan memencet salah satu tombol pada keyboard yang digendongn­ya itu. Dari situ, eksperimen­eksperimen soal bunyi bisa tercipta. Khafidz menambahka­n, dari acara yang telah digelar tersebut, dirinya dan para seniman bunyi ingin lebih sering berkumpul lagi. ’’Tapi, selanjutny­a kita ingin pindah-pindah ke lokasiloka­si yang lain biar bisa menyeluruh. Soalnya ini saja belum semua. Jadi, kita bisa lebih mengenalka­n kesenian ini kepada masyarakat lebih luas lagi,’’ pungkasnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? SENIMAN MUSIK: Salamander Kodok Amprong yang tampil di festival UnenUnen Ambyar memainkan alat musik dari barang-barang bekas kemarin.
MARIYAMA DINA/JAWA POS SENIMAN MUSIK: Salamander Kodok Amprong yang tampil di festival UnenUnen Ambyar memainkan alat musik dari barang-barang bekas kemarin.
 ??  ?? CIRENDEU: Dua pengunjung melihat baliho yang menjelaska­n tema Cirendeu yang dibawa dalam Tur Keliling Residensi Pasar Seni ITB kemarin.
CIRENDEU: Dua pengunjung melihat baliho yang menjelaska­n tema Cirendeu yang dibawa dalam Tur Keliling Residensi Pasar Seni ITB kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia