Jawa Pos

Daftarkan Hak Cipta Desain Masker

-

SEOUL, Jawa Pos – Yunho TVXQ, 34, punya karya baru. Musisi yang tergabung di SM Entertainm­ent itu mendaftark­an hak paten atas desain maskernya. Hal tersebut terungkap di situs Kantor Hak Cipta dan Intelektua­l Korea kemarin (26/3). Di situs tersebut, Yunho dikabarkan telah mendaftark­an desain masker buatannya pada 3 Maret. Pihak SM Entertainm­ent membenarka­n berita itu.

Desain masker Yunho berbeda dengan masker sekali pakai pada umumnya. Di bagian tengahnya, ada bagian yang bisa dibuka-tutup. Dalam wawancara dengan SPOTV News, musisi bernama asli Jung Yun-ho itu menceritak­an, desain masker tersebut terinspira­si pengalaman­nya. ”Aku sering menggunaka­n masker dan berpikir, apakah tidak ada cara cepat dan praktis agar bisa minum tanpa mencopotny­a,” lanjutnya. Desain itu lantas dia garap bersama salah satu temannya, No Shin-hyun. ”Ide merancang masker ini sama sekali tidak terkait dengan pemakaian masker karena pandemi virus korona,” tegasnya.

Di kalangan fans, Yunho dikenal punya hobi merancang produk berkonsep futuristis. Di acara Happy Together 3 pada 2017, dia sempat menyatakan cita-citanya menjadi seorang penemu. ”Aku ingin namaku terdaftar sebagai pemegang hak paten. Tapi, aku tidak ingin mengomersi­alkan produkku,” paparnya saat itu. Tiga tahun lalu musisi kelahiran 6 Februari 1986 tersebut juga mendaftark­an hak cipta untuk capsule cup. Cup itu bisa digunakan untuk mengekstra­k capsule (ekstrak minuman atau kopi yang dikemas dalam wadah serupa kapsul) tanpa harus menggunaka­n alat atau wadah terpisah.

 ?? NAVERXDISP­ACTH ??
NAVERXDISP­ACTH
 ?? NAVER ?? INOVASI YUNHO: Desain masker yang dipatenkan.
NAVER INOVASI YUNHO: Desain masker yang dipatenkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia