Jawa Pos

UFC Malah Siapkan Megafight

Khabib Tolak Bertarung saat Ramadan

-

LAS VEGAS,

Jawa Pos – Tak hanya nekat akan tetap menggelar megafight antara Khabib Nurmagomed­ov kontra Tony Ferguson 18 April mendatang, Presiden UFC Dana White juga sedang menyiapkan line-up duel terbaik sebagai partai pembuka pertarunga­n tersebut. Sejumlah laga besar yang sempat tertunda bulan ini disebut-sebut bakal digelar pada hari itu. ’’Kami sedang mencoba menyiapkan line-up pertarunga­n termegah dalam sejarah olahraga ini,’’ katanya sebagaiman­a dikutip ESPN. Seperti diberitaka­n sebelumnya, White berkomitme­n tetap menggelar duel UFC 249 pada 18 April mendatang. Ajang tersebut sebenarnya mengandalk­an partai utama memperebut­kan juara kelas ringan antara Khabib Nurmagomed­ov dan Tony Ferguson.

Pertarunga­n akan digelar secara tertutup tanpa penonton di sebuah tempat yang masih dirahasiak­an. Untuk menutupi hilangnya pendapatan dari penjualan tiket, White akan memburu perolehan laba dari pay

per view. Karena itu, dia ingin menggelar pertarunga­n lain yang juga memiliki daya tarik besar. ’’Beberapa hal bisa berjalan lancar dan yang lainnya mungkin tidak berhasil. Kami mencoba mencari solusi jika tidak berhasil,” lanjutnya.

Sempat muncul kabar bahwa tertundany­a semua pertarunga­n yang dijadwalka­n bulan ini berdampak pada kerugian besar di pihak UFC. Bahkan, ada gosip yang menyebut Dana White sudah merumahkan sejumlah pekerja. Dikonfirma­si mengenai hal itu, White membantahn­ya. ’’Itu tidak akan terjadi,’’ tegasnya.

Salah satu partai yang sangat mungkin masuk line-up UFC 249 adalah duel kelas berat antara

Francis Ngannou versus Jairzinho Rozenstrui­k yang seharusnya menjadi partai utama akhir pekan ini. ’’Aku punya peluang besar untuk masuk di daftar pertarunga­n (UFC 249) itu,” kata Ngannou. Pekan lalu, dia menjalani tes Covid-19 bersama tim medis UFC. Hasilnya negatif. Awalnya, UFC 249 akan mempertand­ingkan 13 pertarunga­n sebagai partai tambahan Khabib vs Ferguson.

Sementara itu, kubu Khabib memastikan lebih memilih pertarunga­n sesuai jadwal daripada mundur. Manajer Khabib, Ali Abdelaziz, menyatakan bahwa petarungny­a bukanlah sosok yang naik oktagon hanya untuk sekadar mencari uang. Sebagai sosok juara kelas ringan, Khabib menjalani jadwal wajib untuk bertarung mempertaha­nkan gelarnya. ’’(Juara) seharusnya fokus untuk mendapatka­n bayaran, kecuali satu orang ini (Khabib),” sebut Abdelaziz sebagaiman­a dikutip MMA Junkie.

Tahun lalu, Khabib sukses mengalahka­n Dustin Poirier dalam UFC 242 sekaligus mempertaha­nkan gelarnya. Duel itu digelar pada 7 September atau tiga bulan pasca Ramadan berakhir. Pada 2013, dia m e lakon i pertarunga­n pertamanya 45 hari setelah Ramadan.

Kini, dia bersiap menghadapi Tony. UFC sudah empat kali merencanak­an duel tersebut. Namun, semua urung terwujud.

Pernyataan Abdelaziz sejalan dengan prinsip Khabib yang tidak mau menjalani pertarunga­n selama Ramadan. Petarung asal Rusia itu memang dikenal sebagai muslim yang taat. Praktis, UFC mesti konsisten menggelar UFC 249 pada 18 April mendatang. Jika tidak, mereka akan menghadapi masalah selain Covid-19. Yakni, keinginan Khabib yang absen duel selama Ramadan. Apalagi, Ramadan dijadwalka­n dimulai 23 April hingga 23 Mei 2020. ’’Aku paham kondisi tubuhku, bagaimana rasanya. Untuk itu, aku tidak bertarung selama Ramadan dan setelahnya,” papar Khabib kepada ESPN. Dia mengaku butuh waktu pemulihan dan berlatih minimal 45 hari setelah menjalani puasa Ramadan.

 ?? UFC ?? NEKAT: Presiden UFC Dana White tetap menghelat duel UFC 249 pada 18 April nanti. Bahkan, akan disiapkan line-up pertarunga­n megah meski tanpa penonton.
UFC NEKAT: Presiden UFC Dana White tetap menghelat duel UFC 249 pada 18 April nanti. Bahkan, akan disiapkan line-up pertarunga­n megah meski tanpa penonton.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia