Jawa Pos

Bantuan Mengalir dari Wastafel sampai Tandon

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wabah virus korona yang menyerang warga Surabaya menggugah empati banyak pihak. Mereka langsung membantu Pemkot Surabaya dengan kemampuan masingmasi­ng. Kemarin (26/3) ada yang menyumbang 50 wastafel dan 15 tandon air yang diserahkan langsung di Balai Kota Surabaya.

Wastafel itu merupakan bantuan dari perusahaan pipa Rucika. Regional Sales Manager Rucika Daniel Tjoe mengungkap­kan, bantuan itu diharapkan bisa membantu Pemkot Surabaya dalam upaya mengatasi persebaran virus korona. Yakni, agar warga lebih sering cuci tangan. ”Surabaya jadi kota pertama yang kami beri bantuan. Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Daniel.

Sementara itu, bantuan tandon air berukuran 600 liter berasal dari PT Bangun Indopralon Sukses. Christian Purnomo, direktur utama perusahaan tersebut, mengungkap­kan bahwa tandon air itu sudah teruji bisa mematikan virus dan bakteri. Dia berharap bantuan tersebut bisa berguna untuk penanganan virus korona di Surabaya. ”Untuk penempatan di mananya kami serahkan kepada pemkot. Yang terpenting, ini bagian dari upaya kami untuk hadir membantu warga kota,” ujar Christian.

Sebelumnya, bantuan untuk penanganan virus korona juga mengalir dari banyak pihak. Ada yang membantu telur, jahe, hingga gula yang dikirim ke dapur umum pemkot. Ada yang menyumbang­kan tisu untuk ditempatka­n di dekat wastafel. Ada pula yang menyumbang­kan sabun cuci tangan. Juga ada yang membuat bilik sterilisas­i.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhit­ya Prajatara menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih dengan dukungan semua pihak untuk penanganan virus korona. Bantuan-bantuan itu akan disalurkan atau ditempatka­n di fasilitasu­mumsehingg­abisalangs­ung dimanfaatk­an masyarakat.

Secara khusus yang saat ini sangat dibutuhkan pemkot adalah bantuan berupa kain geocortex. Kain tersebut diperlukan untuk membuat baju coverall yang dipakai tenaga kesehatan untuk mengurusi pasien Covid19.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? KEPEDULIAN WARGA: Dua unit wastafel portabel hasil sumbangan warga ditunjukka­n di balai kota kemarin. Pemkot bakal memperbany­ak titik cuci tangan di wilayah kota.
FRIZAL/JAWA POS KEPEDULIAN WARGA: Dua unit wastafel portabel hasil sumbangan warga ditunjukka­n di balai kota kemarin. Pemkot bakal memperbany­ak titik cuci tangan di wilayah kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia