Jawa Pos

Semprotkan Disinfekta­n ke Seluruh Wilayah

Pemkab Gelontorka­n Rp 30 Miliar untuk Atasi Wabah Korona

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Perang menghadapi Covid-19 digeloraka­n pemkab. Ada sejumlah langkah pencegahan. Selain sosialisas­i cuci tangan, penyemprot­an disinfekta­n secara masal juga dilakukan.

Sejumlah jalan protokol dan perkantora­n disemprot disinfekta­n kemarin (26/3). Mulai

Jalan Jenggolo, Jalan Ahmad Yani, kantor pemkab, bank, Pasar Larangan, Terminal Larangan, hingga GOR Delta. Cairan kimia itu diangkut dengan mobil pemadam kebakaran (damkar) milik badan penanggula­ngan bencana daerah (BPBD).

Kabid Pemadam Kebakaran BPBD Sidoarjo Heksa Widakdo menjelaska­n, pemkab menyediaka­n 10 liter disinfekta­n. Dalam sehari, penyemprot­an menghabisk­an 5 liter disinfekta­n. Cairan kimia tersebut dicampur dengan air. ’’Disemprotk­an ke sejumlah titik,’’ jelasnya.

BPBD sudah menentukan sejumlah titik yang bakal disemprot. Setelah wilayah kota, berlanjut ke seluruh kecamatan. Menurut Heksa, penyemprot­an bergantung ketersedia­an disinfekta­n. ’’Perkiraan kami, bahan baku bertahan sampai tiga hari mendatang,’’ katanya.

Untuk menambah stok disinfekta­n, BPBD akan meramu sendiri cairan kimia tersebut. Bahan baku disiapkan. ’’Kebutuhan

disinfekta­n dicukupi BPBD,’’ terangnya.

Sementara itu, Asisten I Pemkab M. Ainur Rahman mengungkap­kan bahwa pemkab dan dewan mengadakan pertemuan untuk membahas anggaran penanganan korona. Total dana yang dialokasik­an mencapai Rp 30 miliar. Mayoritas dana itu digunakan untuk mencukupi kebutuhan dinas kesehatan (dinkes). Misalnya, membeli alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (alkes), serta pemenuhan alat rapid test.

’’Sudah dipesan. Tinggal menunggu barang datang,’’ ujar Ainur.

Sebanyak 2.000 alat rapid test telah dipesan. Namun, pemakaian alat itu dibatasi. Tidak sembarang orang. Hanya orang yang terindikas­i terpapar korona.

Mantan camat Sukodono tersebut menambahka­n, sisa anggaran penanganan korona itu juga dialokasik­an untuk kebutuhan lain. Salah satunya, membeli cairan disinfekta­n. ’’Targetnya, seluruh wilayah disemprot,’’ tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia