Jawa Pos

Lintas Fraksi DPR Galang Sumbangan

-

JAKARTA, Jawa Pos – DPR ikut membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19. Tim independen yang diluncurka­n kemarin itu digagas anggota DPR lintas fraksi. Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah menghimpun donasi untuk membantu penanganan Covid-19 beserta dampaknya.

Melalui video konferensi, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa tujuan dibentukny­a satgas memang menghimpun para donatur untuk bersama-sama melawan Covid-19. Sumbangan bisa berbentuk alat kesehatan, masker, dan alat pelindung diri (APD). Peralatan tersebut akan disumbangk­an ke rumah sakit dan puskesmas yang membutuhka­n. ”Semua akan langsung didistribu­sikan,” jelasnya.

Satgas juga menerima sumbangan berupa kebutuhan dasar sembako untuk dikirim ke para korban terdampak Covid-19. Untuk tahap awal, sembako akan didistribu­sikan ke desa/kelurahan di wilayah Jabodetabe­k.

Selain donatur, sumbangan akan datang dari anggota DPR. Sama sekali tak akan ada penggunaan anggaran institusi DPR. ”Ini murni lembaga kerelawana­n yang dibentuk DPR,” sebut Puan.

Koordinato­r Satgas Lawan Covid-19 Sufmi Dasco Ahmad menambahka­n, tim dibentuk untuk memutus rantai birokrasi agar bantuan bisa cepat ke sasaran. Karena itu, pihaknya tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, tapi langsung berupa barang seperti sembako atau peralatan kesehatan yang dibutuhkan rumah sakit dan puskesmas.

Mekanisme kerja satgas dilakukan melalui jaringan SatgasLawa­n Covid19. com. Aplikasi itu sudah terkoneksi dengan 682 rumah sakit dan puskesmas rujukan yang telah ditunjuk pemerintah di seluruh daerah. ”Jadi, yang ingin menyumbang bisa melalui website itu,” kata Sufmi.

 ?? HUMAS DPR FOR JAWA POS ?? GOTONG ROYONG: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (tiga dari kanan) memimpin launching Satgas Lawan Covid-19 di Gedung Nusantara III, Jakarta, kemarin (9/4).
HUMAS DPR FOR JAWA POS GOTONG ROYONG: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (tiga dari kanan) memimpin launching Satgas Lawan Covid-19 di Gedung Nusantara III, Jakarta, kemarin (9/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia