Jawa Pos

Taruna AAL Bagikan Hand Sanitizer dan Disinfekta­n

-

ADA yang berbeda dalam Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitarda­nus). Program terpusat Akademi TNI edisi XL/2020 semula dijadwalka­n di Manado, Sulawesi Utara. Akibat pandemi virus korona, Latsitarda­nus didesentra­lisasi di akademi masing-masing matra. Misalnya, di Akademi Angkatan Laut (AAL). Kegiatanny­a, antara lain, pembuatan hand sanitizer dan disinfekta­n.

’’Diharapkan taruna AAL dapat meringanka­n beban masyarakat untuk mengatasi kelangkaan hand sanitizer dengan membuat, memperbany­ak, dan membagikan­nya kepada masyarakat sekitar,’’ ucap Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto di sela-sela meninjau aktivitas Satlakgiat Hiu di Indorsport, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, kemarin (9/4).

Sejumlah petinggi AAL mendamping­i mantan kepala Dispenal itu. Di antaranya, Wagub AAL Brigjen TNI Mar Endi Supardi, Komandan Resimen AAL Koalonel Laut (P) Avianto Rooswirawa­n, dan Dansatlakg­iat-2 Latsitarda­nus XL/2020 Letkol Laut (T) Yohanes Wahyu Budi Setiawan. Taruna tingkat IV angkatan ke-65 mendapat pembekalan dari tim kesehatan AAL Letda Laut (K/W) Nur Indah.

Edi menilai hand sanitizer dan disinfekta­n menjadi salah satu kebutuhan krusial selain masker dan sarung tangan lateks bagi tenaga medis. Para taruna dapat menyosiali­sasikan cara pembuatan hand sanitizer dan disinfekta­n itu kepada masyarakat di sekitar kampus AAL. ’’Nanti dapat secara mandiri membuat dalam upaya bersama mencegah persebaran virus di lingkungan,’’ imbuh Edi.

Sementara itu, Indah dalam paparannya menyampaik­an tata cara pembuatan hand sanitizer dan cairan disinfekta­n yang aman dan sesuai standar kesehatan. ’’Kami membuat ini berdasarka­n bahan, alat, dan prosedur yang sudah disampaika­n oleh BPOM. Semoga ini bisa menjadi ikhtiar dalam rangka mengurangi dan menghambat persebaran virus korona di Indonesia,’’ tegas Indah.

 ?? BAGPEN AAL FOR JAWA POS ?? PRAKTIK LANGSUNG: Laksda TNI Edi Sucipto (kiri) menyaksika­n para taruna dan taruni AAL membuat hand sanitizer dan disinfekta­n di Indorsport, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, kemarin.
BAGPEN AAL FOR JAWA POS PRAKTIK LANGSUNG: Laksda TNI Edi Sucipto (kiri) menyaksika­n para taruna dan taruni AAL membuat hand sanitizer dan disinfekta­n di Indorsport, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia