Jawa Pos

ITTS Buatkan Robot hingga Bilik Khusus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Senjata Pemkot Surabaya bertambah lagi dalam perang melawan virus korona jenis baru penyebab Covid-19. Bekerja sama dengan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), mereka membuat robot pelayan untuk ruang isolasi, bilik untuk tes swab, dan bilik sterilisas­i. Kemarin (9/4), tiga alat tersebut ditunjukka­n Rektor ITTS Tri Arif Sarjono kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i di halaman balai kota.

Satu per satu alat tersebut didemonstr­asikan. Cara penggunaan bilik untuk tes swab dipraktikk­an langsung. Risma berada di depan bilik. Sementara itu, Arif ada di dalam bilik sambil memasukkan tangannya ke sarung tangan dari karet merah. Adegan itu mempratikk­an orang yang jaringan di mulut atau hidungnya diambil.

Ada uap hangat yang menyembul di dekat Risma. Uap tersebut berasal dari kotak plastik berisi alat yang bisa mengubah air menjadi uap. Kelak bila sudah dipergunak­an, alat itu diisi cairan untuk sterilisas­i. ’’Bilik seperti ini yang dibutuhkan biar kesehatan petugas juga aman,’’ ujar Risma.

Dia juga melihat demonstras­i robot pelayan. Robot itu dikendalik­an dengan sinyal wifi melalui remote control. Robot yang lebih mirip rak tersebut dilengkapi kamera dan tablet mini sehingga pasien dan tenaga kesehatan bisa saling berkomunik­asi. Robot tersebut juga membawa lemari pendingin yang sekaligus juga bisa digunakan untuk pemanas. ’’Alat seperti ini yang dibutuhkan agar risiko tenaga kesehatan bisa berkurang,’’ jelasnya.

Rektor ITTS Tri Arif Sarjono menuturkan bahwa robot itu diharapkan bisa mengurangi interaksi dokter secara langsung dengan pasien. Melalui tab yang sudah disiapkan di dalam robot tersebut, dokter dan pasien juga bisa berinterak­si. Bahkan, robot itu juga dilengkapi kamera yang bisa digunakan tim medis untuk melihat atau memantau sekeliling pasien. ’’Robot ini bergerak melalui remote yang dikendalik­an oleh tim medis,’’ jelasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERGUNA UNTUK NAKES: Rektor ITTS Tri Arif Sarjono mendemonst­rasikan cara kerja robot pelayanan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i kemarin.
FRIZAL/JAWA POS BERGUNA UNTUK NAKES: Rektor ITTS Tri Arif Sarjono mendemonst­rasikan cara kerja robot pelayanan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia