Jawa Pos

Ada Gambar Anggota DPR, Bantuan Covid-19 Diprotes

-

SITUBONDO, Jawa Pos – Di saat seluruh elemen bahu-membahu untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19, masih saja ada pihak yang diduga ”menunggang­inya” untuk kepentinga­n lain. Salah satunya terlihat dari distribusi bantuan alat kesehatan (alkes) di wilayah Situbondo. Program tersebut jadi sorotan sejumlah legislator di DPRD setempat. Diduga, ada politikus yang ikut ”nimbrung”.

Polemik itu bermula setelah datangnya salah satu alkes berupa wastafel portabel untuk cuci tangan di kantor dewan. Rencananya, alat tersebut ditempatka­n di sana. Yang bikin gaduh, wastafel hasil program satgas Covid-19 bersama sejumlah perusahaan itu ternyata ditempeli stiker bergambar salah seorang anggota DPR RI.

Alhasil, sejumlah legislator pun meradang. Wastafel yang awalnya ditempatka­n di depan gedung tersebut tak difungsika­n. Bahkan kini dipindahka­n ke tempat lain.

Salah seorang anggota DPRD Faisol mengatakan, sesuai regulasi, seluruh bantuan penanganan Covid-19 tidak boleh dipolitisa­si. Sementara wastafel yang ditaruh di kantor DPRD itu terindikas­i kuat berbau politik. ”Ini sekarang muncul tempat cuci tangan atas nama anggota DPR RI,” ujarnya.

Faisol menyebutka­n, wastafel tidak hanya ditaruh di gedung DPRD Situbondo. Tetapi sudah tersebar ke beberapa tempat. ”Harus ditarik. Kecuali yang ngasih anggota DPR RI itu sendiri, pakai dana pribadinya,” kata dia.

Protes keras disampaika­n Andi Handoko, anggota DPRD lainnya. Menurut dia, jika diperboleh­kan, partai lain juga bisa membelikan tempat cuci tangan. ”Asalkan embelembel partainya juga dipampang,” cetusnya.

Sejumlah fraksi di gedung DPRD Situbondo juga tidak mau menerimany­a. Karena itu, mereka meminta tempat cuci tangan tersebut dipindah.

 ?? HABIBUL ADNAN/JAWA POS RADAR SITUBONDO ?? DIDUGA POLITIS: Bantuan wastafel ini ditolak sejumlah anggota dewan. Mereka tidak mau wastafel itu ditaruh di gedung DPRD.
HABIBUL ADNAN/JAWA POS RADAR SITUBONDO DIDUGA POLITIS: Bantuan wastafel ini ditolak sejumlah anggota dewan. Mereka tidak mau wastafel itu ditaruh di gedung DPRD.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia