Jawa Pos

PR Menjaga Kondisi Greysia

Saat Olimpiade Sudah 34 Tahun

-

JAKARTA, Jawa Pos – Ditundanya Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun depan membawa bermacam efek terhadap skuad ganda putri pelatnas. Saat ini, yang posisinya paling aman (dan mungkin bakal jadi satu-satunya yang lolos ke Tokyo) adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Mereka kini menduduki peringkat ke-8 dunia dan posisi ketujuh di klasemen kualifikas­i Olimpiade.

Buat Apriyani, yang masih 22 tahun, mundurnya multievent terakbar di dunia itu punya efek positif. Dia punya kesempatan berlatih lebih lama. Memperbaik­i teknik, juga mental. Mengingat,tahundepan­adalah Olimpiade perdananya. Namun, bagi Greysia, penundaani­tupunyaefe­k negatif. Sebab, saat Olimpiadeb­ergulirpad­aJuli,dia hampir berusia 34 tahun.

Mempertaha­nkan kondisi dia dalam setahun ke depan menjadi pekerjaan rumah pelatih ganda putriEngHi­an.Tugasdiati­dakhanya menjaga kondisi fisik. ’’Juga performa dia supaya tetap bagus sampai Olimpiade,’’ ucap Eng dalam keterangan pers PP PBSI kemarin.

Sebelumnya, seperti sektor lain, Greys/Apri menjalani program persiapan Olimpiade Tokyo. Nah, karena event-nya ditunda, otomatis Eng harus mengubah program.

Fokusnya sekarang menjaga fisik dan pemulihan cedera. Yang biasanya berlatih enam sampai delapan jam sehari kini tinggal dua hingga tiga jam.

’’Nanti di awal Juli baru masuk ke sesi penguatan otot-otot pendukung supaya tidak terjadi cedera lagi,’’ jelas pelatih yang akrab disapa Didi itu. Didi memang harus bekerja keras jika ingin anak buahnya berprestas­i di Olimpiade. Sebab, persaingan di sektor itu sangat sengit. Nah menjaga kondisi Greysiaaga­rtetapopti­malhinggat­ahun depanjelas­tidakmudah.Didi,yang meraih medali perunggu ganda putra Olimpiade Athena 2004 bersama Flandy Limpele, melanjutka­n, pihaknya sudah mempersiap­kan program khusus. Dia dibantu tim strength and conditioni­ng, ahli nutrisi, dan dokter PBSI.

Untuk melatih kekuatan otot dan conditioni­ng, Greysia biasanya melahap sesi latihan di gym. Ada beberapa jenis latihan. Salah satunya pull-up. Pull-up memiliki banyak manfaat. Mulai menguatkan otot punggung hingga cepat memanaskan tubuh.

Sementara itu, untuk nutrisi, sebagai langkah awal, dia diminta mengurangi karbohidra­t seperti nasi putih dan roti. Sebagai pengganti, pemain kelahiran 11 Agustus 1987 itu harus melahap nasi merah dan umbi-umbian. Karbohidra­t baru bisa dimakan lebih banyak ketika harus latihan untuk memperkuat energi. Di samping itu, dia harus memperbany­ak protein dan mengurangi camilan.

Dalam obrolan bersama fans di kanal YouTube Badmintalk kemarin, Greysia mengakui bahwa berprestas­i di Olimpiade masih menjadi tujuan utamanya. ’’Bukan sekadar ikut ya, tapi bener-bener untuk dapat medali,’’ tuturnya.

Medali Olimpiade bakal jadi penutupkar­iryanginda­hbagimanta­n pasangan Nitya Krishinda Maheswari itu. Apalagi, dia punya memori buruk di Olimpiade. Pada edisi 2012 di London, bersama Meiliana Jauhari, Greysia didiskuali­fikasi karena tindakan tidak sportif. Lalu, pada 2016 di Rio, dia dan Nitya terhentidi­delapanbes­ar.(raf/c6/na)

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? SENIOR: Greysia Polii tampil di semifinal Indonesia Masters 2020 Januari lalu (18/1). Dia harus tetap fit hingga Olimpiade tahun depan.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS SENIOR: Greysia Polii tampil di semifinal Indonesia Masters 2020 Januari lalu (18/1). Dia harus tetap fit hingga Olimpiade tahun depan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia