Jawa Pos

Bertahap, Salurkan Bantuan Sembako dari Pemkot

-

SURABAYA, Jawa Pos – Distribusi bantuan sembako dari Pemkot Surabaya masih berlangsun­g di sejumlah kelurahan. Di antaranya, Kelurahan Lontar, Sambikerep. Saat dikunjungi kemarin (13/5), puluhan warga sudah memenuhi area kantor tersebut. Mereka mengantre untuk mengambil sembako yang berisi beras, mi instan, bumbu pecel, dan abon.

Salah seorang warga yang mengantre, Bambang Sunaryo, mengatakan mendapat pemberitah­uan dari pihak RT dan RW untuk segera mengambil bantuan. Dia mendapat jatah lantaran tidak punya anggota keluarga. ’’Saya tinggal sendiri,” katanya.

Untuk memdapatka­n sembako, Bambang harus membawa fotokopi KTP dan KK. Dua kartu identitas itu dijadikan sebagai bukti bahwa dia benar merupakan penerima manfaat yang sudah tercantum dalam data. ’’Harus ambil sendiri, tidak bisa diwakilkan,” ujarnya.

Lurah Lontar Heni Budi Setiawan menyampaik­an, selama pandemi Covid-19 berlangsun­g, pihaknya baru menyalurka­n bantuan dari pemkot Selasa lalu (12/5). Sekitar 56 sembako sudah diberikan ke warga yang membutuhka­n. ’’Tiap hari akan terus didistribu­sikan. Lontar mendapat kuota 437 sembako,” tuturnya.

Bagaimana dengan bantuan langsung tunai (BLT)? ’’Penyaluran­nya melalui kantor pos. Tapi, untuk wilayah Lontar belum dilakukan,” jawabnya. Berdasar data penerima manfaat BLT, Budi mencatat ada 1.145 warga yang terdaftar. Namun, ternyata kuota bantuan yang didapat dari pusat hanya 300. ’’Bantuan PKH nanti beda lagi. Rencananya, Sabtu depan dibagikan di kecamatan,” ucapnya.

Dia berharap penyaluran bantuan itu tepat sasaran. Pihaknya telah berkali-kali melakukan verifikasi hingga tingkat bawah. Melalui para ketua RW dan RT, mereka membantu pengecekan data warga yang benar-benar membutuhka­n. ’’Dicek by name by address. Kalau dicari tidak ada, misalnya pindah atau meninggal, berarti dicoret. Atau, ada yang terdampak, tapi belum masuk data, juga dilaporkan,” ucapnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SUDAH DIVERIFIKA­SI: Warga mengambil bantuan sembako di Kelurahan Lontar kemarin. Lontar mendapat kuota 437 paket sembako untuk didistribu­sikan.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SUDAH DIVERIFIKA­SI: Warga mengambil bantuan sembako di Kelurahan Lontar kemarin. Lontar mendapat kuota 437 paket sembako untuk didistribu­sikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia