Jawa Pos

Regu Gabungan Tangani Gangguan Listrik

Minimalkan Pemadaman yang Tak Terencana

-

SURABAYA, Jawa Pos – Untuk memastikan pasokan listrik bagi masyarakat, PLN rutin melakukan peningkata­n keandalan listrik dan pemelihara­an jaringan distribusi. Kemarin pagi (13/5), puluhan petugas gabungan menyebar ke beberapa titik di wilayah ULP PLN Darmo Permai. Mulai Jalan Pradah Indah hingga HR Muhammad.

Itu merupakan kegiatan perdana program SEPINTAS yang berarti eksekusi sampai tuntas. ’’Ini regu gabungan dari lima ULP yang dibawahi Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Surabaya Selatan,’’ tutur Manajer ULP PLN Darmo Permai Mohammad Arif Khudlori.

Dalam sehari, pihaknya dapat menyelesai­kan beragam masalah aliran listrik. Mereka terbagi dalam empat tugas. Pertama, penggantia­n material tua. Secara periodik 4–5 tahun, pin isolator, lightning arrester (LA), dan bending memang harus diganti, tak boleh terus dipakai. Apabila itu diabaikan, potensi gangguan aliran listrik akan tinggi. ’’Ini kami lakukan menyeluruh,’’ katanya.

Tugas kedua adalah pemasangan cover bushing. Pria asal Lumajang tersebut mengatakan, ada 29 titik pemasangan perisai binatang itu. Baik di trafo, cut out, maupun arrester. Tugas lainnya, pengamanan right of way (ROW) atau ruang bebas pada jaringan listrik. ’’Harus punya jarak aman 2 meter dari benda apa pun. Sisi kanan maupun kiri,” ucapnya.

Terakhir, pemelihara­an konstruksi sarana dan prasarana distribusi listrik. Misalnya, pembenahan tiang doyong. Dengan semua penyelesai­an masalah tersebut, dia berharap risiko pemadaman dapat diminimalk­an. ’’Sejauh ini, gangguan listrik yang tidak direncanak­an jarang terjadi. Rata-rata sekali dalam satu bulan,’’ tuturnya.

Bagaimana dengan pemadaman yang direncanak­an? ’’Ya, seperti ini ketika ada kegiatan pemelihara­an,’’ jawabnya. Pelaksanaa­n SEPINTAS kemarin (13/5) mengakibat­kan listrik padam sementara. Mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Dia mengungkap­kan, sekitar 4.000 pelanggan terdampak. ’’Tuntas satu hari ini juga,” ungkapnya.

Arif menjelaska­n program baru tersebut tak hanya dilaksakan di wilayah ULP PLN Darmo Permai, tetapi juga wilayah ULP lain secara bergilir. ’’Dulu hanya satu regu. Kini kami kompak saling membantu menyelesai­kan permasalah­an setiap wilayah di lingkungan UP3 PLN Surabaya Selatan,’’ jelasnya.

 ??  ?? ANTISIPASI MASALAH: Petugas gabungan memasang cover bushing pada jaringan listrik di Jalan Pradah Kali Kendal.
ANTISIPASI MASALAH: Petugas gabungan memasang cover bushing pada jaringan listrik di Jalan Pradah Kali Kendal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia