Jawa Pos

Mahasiswa ITS Sabet Juara Video Opini 2020

-

SURABAYA, Jawa Pos − Pandemi Covid-19 tidak menghentik­an seseorang untuk berprestas­i. Misialnya, Dimas Putra Nanda Waspodo, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berhasil menyabet juara pertama di ajang kompetisi Video Opini 2020. Event tersebut diadakan Pusat Prestasi Nasional Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d).

Dimas membuat video berjudul Waktunya Social Distancing dengan durasi 59 detik. Mahasiswa angkatan 2017 itu berbagi pesan imbauan kepada masyarakat Surabaya agar tetap di rumah. ’’Saya ingin menyadarka­n masyarakat agar benar-benar menerapkan social distancing bersama-sama,’’ katanya.

Dengan video tersebut, masyarakat diharapkan dapat menaati aturan pemerintah. Tujuannya, memutus rantai persebaran Covid-19. Meski video tersebut kurang dari 1 menit, visualisas­i dari videografi tentang kondisi yang mengakibat­kan persebaran korona mampu memberikan informasi menarik akibat adanya social distancing.

Fenomena mulai hilangnya penumpang ojek online hingga sepinya jalanan besar kontras dengan aktivitas Surabaya yang normal. ’’Narasinya juga menggunaka­n bahasa Jawa khas Surabaya,’’ katanya.

Dimas menyebut sangat mempertimb­angkan pemilihan kata pada narasi dan merangkain­ya menjadi alur cerita yang apik. Pengambila­n gambar pun mempertimb­angkan posisi penonton. ’’Sehingga dapat dengan mudah diingat mata dan dipahami,’’ paparnya.

Dimas juga mengatakan, pembuatan video itu dibantu tiga temannya. Yakni, Tyjani Robit, Aprilia Wahyu Novita Ika Sapuutri, dan Priyo Hadi. ’’Kami sudah sering membuat videografi untuk berbagai kompetisi,’’ ucapnya.

 ?? ITS FOR JAWA POS ?? BAHASA SUROBOYOAN: Dari kiri, Dimas Putra, Aprilia Wahyu, Tyjani Robit, dan Priyo Hadi.
ITS FOR JAWA POS BAHASA SUROBOYOAN: Dari kiri, Dimas Putra, Aprilia Wahyu, Tyjani Robit, dan Priyo Hadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia