Jawa Pos

Tutup Swalayan di Mulyosari

Satu Pegawai Positif, Seluruh Karyawan Wajib Rapid Test

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tiga pilar Kecamatan Mulyorejo memantau salah satu swalayan di Jalan Mulyosari kemarin (13/5). Sebab, sebelumnya salah seorang pegawai terkonfirm­asi positif Covid-19. Kecamatan pun meminta swalayan tersebut berhenti beroperasi hingga rapid test dilakukan.

Swalayan itu menyediaka­n berbagai bahan pokok seharihari. Kegiatan operasiona­lnya tidak terpengaru­h dengan pelaksanaa­n pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Setiap hari ada ratusan pengunjung di lokasi tersebut.

Adanya karyawan yang dinyatakan positif membuat kecamatan mengambil langkah mitigasi. Apalagi, warga sekitar turut resah dan meminta supermarke­t itu berhenti beroperasi untuk sementara waktu.

Camat Mulyorejo Sair menyatakan, dalam sidak kemarin, pihaknya bertemu dengan kepala swalayan. Dia mendapat informasi bahwa karyawan yang positif sudah dirumahkan. ’’Dirumahkan sejak 23 Maret lalu,’’ katanya.

Berdasar hasil pantauan Puskesmas Kalijudan, yang bersangkut­an telah menjalani karantina mandiri selama 14 hari. ’’Hasil swab test pada 2 Mei sudah keluar dan negatif,’’ ujar Kepala Puskesmas Kalijudan drg Toetik Winarjati.

Meski begitu, Sair meminta langkah mitigasi tetap dilakukan. Seluruh karyawan swalayan diminta menjalani rapid test. ’’Kami sudah komunikasi­kan agar pemilik usaha menjamin hal itu. Informasin­ya, akan dilaksanak­an,’’ ungkapnya.

Tes itu bakal dilakukan mandiri tanpa melibatkan Pemkot Surabaya. Setelah keluar, hasilnya akan diinformas­ikan kepada pemkot. Selama tes itu belum dilakukan, kecamatan meminta agar swalayan tidak beroperasi sementara waktu. Jika memang tidak ada yang hasilnya reaktif, tempat usaha itu bisa dibuka lagi. ’’Sampai saat ini, pemilik usaha sudah kooperatif dengan apa yang diminta pemkot,’’ tutur Sair.

Dalam kesempatan tersebut, kelengkapa­n fasilitas protokol kesehatan diperiksa. Pihak kecamatan juga menyemprot­kan disinfekta­n.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? LAKUKAN MITIGASI: Sair (kiri) melakukan sidak dan mempertany­akan status salah seorang karyawan yang positif Covid-19 di swalayan kawasan Jalan Mulyosari kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS LAKUKAN MITIGASI: Sair (kiri) melakukan sidak dan mempertany­akan status salah seorang karyawan yang positif Covid-19 di swalayan kawasan Jalan Mulyosari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia