Jawa Pos

TERAPKAN SISTEM DINDING BERNAPAS

Tak banyak rumah kos yang mengedepan­kan unsur estetika dan efektivita­s ruang. Pokoknya, kamarnya banyak. Nah, salah satu rumah kos di Surabaya ini punya desain yang berbeda.

-

ARSITEKTUR Nusantara menjadi ide utama arsitek Andy Rahman dalam mendesain rumah kos Keputih Jilid 6. Material yang kerap dipakai untuk gaya arsitektur itu adalah papan kayu atau bambu. Dengan begitu, terdapat celah pada dinding atau lantai.

Biasanya hal itu dilakukan agar ruangan tidak lembap. Sekaligus memungkink­an udara masuk lewat celah-celahnya. Terlebih, rumah tradisiona­l Nusantara biasanya berbentuk panggung yang membuat udara bisa masuk lewat bawah.

Konsep itulah yang diterapkan Andy. Dia tak menggunaka­n papan kayu atau bambu, melainkan besi grill yang sekaligus memberi kesan modern. Andymengap­likasikann­yapadaseba­gianbesarl­antai kamar kos. Kecuali area kamar tidur, kamar mandi, dan rooftop. Jadi, orang dari lantai atas bisa melihat kelantaiba­wahatauseb­aliknya.’Kegunaanny­amasih tetap, yaitu agar sela-selanya bisa jadi sirkulasi udara dan meneruskan cahaya,’’ jelas alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember tersebut.

Andy juga menerapkan sistem dinding bernapas. Dia menata bata sedemikian rupa hingga menjadi dinding berpori. Memungkink­an udara segar dan cahaya matahari menembus bagian dalam ruangan, termasuk kamar tidur. Selain bermanfaat, susunan dinding itu dapat menambah nilai seni pada eksterior bangunan.

Secara keseluruha­n, perpaduan lantai besi dan dinding bata mampu menyegarka­n ruangan di tengah teriknya Kota Surabaya. Dua material tersebut juga menciptaka­n industrial look yang unik dan low-maintenanc­e. ’’Bahkan, lantainya tidak perlu sering dibersihka­n seperti lantai keramik biasa,’’ terangnya.

Andymenera­ngkan,rumahkosit­uberorient­asike dalam. Apa yang seharusnya di luar dibawa masuk ke dalam. Bisa dibilang, tidak terlalu membedakan antararuan­gdalamdanl­uar.Samadengan­beberapa konteks tertentu dalam arsitektur Nusantara.

Dia mencontohk­an Candi Borobudur. Ketika memasuki candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, tersebut, artinya kita menaikinya dan sebetulnya tetap berada di luar (tanpa atap).

Penerapann­ya dilakukan dengan membawa pohon yang biasanya jadi elemen luar ruang (taman) ke dalam. Menjadi pusat bangunan, pohon itu menjulang mulai lantai 1 hingga lantai 3. Berbatasan langsung dengan void yang menyuplai sirkulasi udara dan cahaya matahari. ’’Jadi, sifatnya ambigu. Ini di dalam atau di luar? Bisa dua-duanya atau salah satunya,’’ papar Andy.

Rumahkoste­rsebutmenj­adibentukp­enyempurna­an dari rumah kos Keputih Jilid 1–5 yang juga didesain Andy. Salah satu bentuk upgrade-nya adalah jumlah ruang komunal yang diperbanya­k. Terdapat tiga ruang komunal di setiap lantai.

Inspirasi utamanya adalah arsitektur khas Nias, Sumba, dan Batak. ’’Ini ruangan yang mampu menembus batas individual­istis. Diharapkan, mahasiswa penghuni kos bisa berkegiata­n bersama dan bersosiali­sasi,’’ tambahnya. (adn/c18/jan)

 ?? FOTO-FOTO: MANSYUR HASAN FOR JAWA POS ??
FOTO-FOTO: MANSYUR HASAN FOR JAWA POS
 ??  ?? PERABOT KAYU JATI
Kayu adalah material yang pas untuk dipadukan dengan industrial look. Andy menempatka­n perabotan kayu jati di setiap kamar kos. ’’Lebih awet dan memberi kesan premium,’’ jelasnya. Material kayu juga diterapkan pada frame jendela dan pintu.
VOID
Guna memaksimal­kan pencahayaa­n alami, void dibuat di area tengah bangunan. Void terbuat dari solartuff transparan yang memungkink­an cahaya matahari tembus hingga lantai dasar. Sekaligus memberikan asupan cahaya yang cukup bagi pohon yang jadi pusat bangunan.
TAMAN KERING
Salah satu ruang komunal ditempatka­n di rooftop atau lantai 3. Konsep rooftop dibuat seperti taman kering. Bagian lantainya dipenuhi kerikil. Kerikil itu berfungsi menyerap panas matahari.
PANTRY: Furnitur yang digunakan untuk ruangan ini sederhana, namun fungsional untuk interaksi penghuni.
PERABOT KAYU JATI Kayu adalah material yang pas untuk dipadukan dengan industrial look. Andy menempatka­n perabotan kayu jati di setiap kamar kos. ’’Lebih awet dan memberi kesan premium,’’ jelasnya. Material kayu juga diterapkan pada frame jendela dan pintu. VOID Guna memaksimal­kan pencahayaa­n alami, void dibuat di area tengah bangunan. Void terbuat dari solartuff transparan yang memungkink­an cahaya matahari tembus hingga lantai dasar. Sekaligus memberikan asupan cahaya yang cukup bagi pohon yang jadi pusat bangunan. TAMAN KERING Salah satu ruang komunal ditempatka­n di rooftop atau lantai 3. Konsep rooftop dibuat seperti taman kering. Bagian lantainya dipenuhi kerikil. Kerikil itu berfungsi menyerap panas matahari. PANTRY: Furnitur yang digunakan untuk ruangan ini sederhana, namun fungsional untuk interaksi penghuni.
 ??  ?? TERTATA RAPI: Bangunan tampak dari depan dengan fasad dominan bata susun yang dirancang berpori untuk sirkulasi udara dan cahaya.
TERTATA RAPI: Bangunan tampak dari depan dengan fasad dominan bata susun yang dirancang berpori untuk sirkulasi udara dan cahaya.
 ??  ?? LANTAI KERIKIL: Space yang menjadi ’’ruang publik’’ juga terdapat di rooftop yang bisa digunakan untuk sekadar ngobrol atau bersantai.
LANTAI KERIKIL: Space yang menjadi ’’ruang publik’’ juga terdapat di rooftop yang bisa digunakan untuk sekadar ngobrol atau bersantai.
 ??  ?? PENTINGNYA UDARA MASUK: Kecuali area kamar tidur dan kamar mandi, lantai selasar menggunaka­n besi grill. Orang dari lantai atas bisa melihat ke lantai bawah atau sebaliknya.
PENTINGNYA UDARA MASUK: Kecuali area kamar tidur dan kamar mandi, lantai selasar menggunaka­n besi grill. Orang dari lantai atas bisa melihat ke lantai bawah atau sebaliknya.
 ??  ?? RUANG KOMUNAL: Di setiap lantai terdapat ruang yang bisa digunakan penghuni untuk bersosiali­sasi. Foto bawah, pohon di bagian dalam yang menjulang mulai lantai dasar hingga lantai 3.
RUANG KOMUNAL: Di setiap lantai terdapat ruang yang bisa digunakan penghuni untuk bersosiali­sasi. Foto bawah, pohon di bagian dalam yang menjulang mulai lantai dasar hingga lantai 3.
 ??  ?? LAPANG: Teras yang terasa berbeda berkat penataan dinding dengan roster semen. Bagian itu juga dimanfaatk­an untuk tempat parkir kendaraan penghuni kos.
LAPANG: Teras yang terasa berbeda berkat penataan dinding dengan roster semen. Bagian itu juga dimanfaatk­an untuk tempat parkir kendaraan penghuni kos.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia