Jawa Pos

Kickoff Dulu, Venue Kemudian

- QUALITY SPORT IMAGES

LISBON, Jawa Pos – Primeira Liga menyusul Bundesliga, Premier League, dan La Liga dalam menentukan tanggal restart. Kompetisi kasta teratas Portugal itu siap memutar lagi kompetisi pada 4 Juni nanti. Itu berarti, jornada ke-25 Primeira Liga mundur empat hari dari proyeksi semula.

’’Itu (mundur empat hari, Red) karena kami ingin memastikan bahwa stadion diperiksa secara ketat dan tes medis sudah dilakukan kepada semua yang terlibat dalam pertanding­an,’’ tulis regulator Primeira Liga dalam pernyataan resminya.

Laman SAPO Desporto menyebutka­n, situasi terakhir Primeira Liga jadi acuan. Ada sepuluh kasus positif Covid-19 baru yang muncul beberapa hari terakhir. Terdiri atas delapan pemain dari empat klub berbeda (SL Benfica 1, Vitoria Guimaraes 3, Famalicao 3, dan Moreirense 1) plus dua staf dari klub Familicao. Gelandang muda SL Benfica David Tavares jadi pemain terakhir yang tertular virus SARS-CoV-2. Sempat muncul usulan agar laga-laga yang melibatkan keempat klub itu ditunda. Namun, regulator Primeira Liga atas persetujua­n Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) memilih opsi hanya memundurka­n kickoff empat hari. ’’Kami ingin pemulihan kompetisi bisa berjalan dengan aman dan semua langkah perlindung­an dilakukan untuk mengurangi risiko begitu pemain beraktivit­as lagi,’’ lanjut regulator Primeira Liga.

Meski sudah merilis tanggal kickoff, Primeira Liga belum menentukan format lanjutan kompetisi. Khususnya terkait venue yang akan ditunjuk menggelar 90 laga tersisa. Rencananya, pembahasan akan hal itu baru dilakukan besok (15/5).

Sebelumnya, Dirjen Kesehatan Portugal (DGS) meminta Primeira Liga digelar di lebih sedikit stadion. Salah satunya memanfaatk­an stadion-stadion Euro 2004 yang standar keamanan dan fasilitas kesehatann­ya tidak perlu diragukan lagi. Sebut saja Estadio do Dragao (FC Porto), Estadio da Luz (SL Benfica), dan Estadio Jose Alvalade (Sporting CP).

A Bola menyebutka­n, mungkin saja Primeira Liga hanya akan memakai enam stadion. Cidade do Futebol, kamp latihan timnas Portugal, termasuk kandidatny­a.

Di luar FC Porto, SL Benfica, Sporting CP, dan Cidade do Futebol, setidaknya ada kandang lima klub lainnya yang juga dipertimba­ngkan sebagai venue sisa kompetisi. Yakni, Municipal de Braga (SC Braga), Estadio D. Alfonso Henriques (Vitoria Guimaraes), Cidade de Barcelos (Gil Vicente), serta Do Bessa (Boavista) dan Do Maritimo (Maritimo).

 ??  ?? LANJUT 4 JUNI: Striker Tiquinho Soares diikuti bek Pepe merayakan gol kedua FC Porto ke gawang CD Tondela dalam laga Primeira Liga di Estadio do Dragao (17/12/2019).
LANJUT 4 JUNI: Striker Tiquinho Soares diikuti bek Pepe merayakan gol kedua FC Porto ke gawang CD Tondela dalam laga Primeira Liga di Estadio do Dragao (17/12/2019).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia