Jawa Pos

Fraksi PSI Sumbangkan APD ke RS Swasta

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bantuan alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit rujukan terus mengalir. Kemarin (14/5) giliran Fraksi PSI DPRD Surabaya yang menyumbang­kan baju hazmat dan masker N95 untuk para tenaga medis di RS Bhakti Rahayu, Surabaya.

Tidak hanya itu, ada pula sarung tangan medis serta cairan disinfekta­n yang disumbangk­an. Sekretaris Fraksi PSI Tjutjuk Supariono mengatakan, yang membutuhka­n APD bukan hanya RS rujukan. Rumah sakit swasta non rujukan juga memerlukan­nya. ”Kebutuhann­ya tidak banyak. Tetapi, mereka tetap butuh itu,” katanya.

Sebab, fakta di lapangan menunjukka­n bahwa RS umum juga kerap bersinggun­gan dengan pasien Covid-19 sebelum merujuknya ke RS rujukan. Sementara itu, RS non rujukan justru rata-rata tidak tersentuh bantuan. Sebab, bantuan selalu difokuskan untuk RS rujukan.

Anggota Komisi D DPRD Surabaya itu mengatakan, para tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Mereka harus didukung dengan peralatan yang memadai. Sebab, wilayah mereka bertugas sangat rentan terhadap persebaran virus yang menyerang saluran pernapasan itu.

Di satu sisi, banyak RS swasta non rujukan yang mengeluh lantaran tidak mampu membeli APD. Karena itu, pihaknya berinisiat­if memberikan sedikit bantuan APD untuk rumah sakit swasta yang membutuhka­n. ”Ini akan terus berlanjut ke beberapa rumah sakit lain,” ucapnya.

Di sisi lain, Ketua Fraksi PSI DPRD Surabaya William Wirakusuma menuturkan, kegiatan sosial fraksi terus berjalan di tengah pandemi ini. Misalnya, pembagian masker dan sembako. Semuanya masih berjalan seperti biasa. ”Kapan hari itu Bro Tjutjuk sudah bagi-bagi masker dan sembako. Nanti giliran yang lain,” ungkapnya.

William menyadari bantuan tersebut memang tidak seberapa. Minimal, sedikit sembako dari Fraksi PSI bisa meringanka­n beban masyarakat yang mengalami keterlamba­tan dalam menerima bantuan dari pemerintah. Baik dari pusat, provinsi, maupun kota.

 ?? PSI FOR JAWA POS ?? DONASI: Sumbangan hazmat dari Fraksi PSI untuk RS Bhakti Rahayu.
PSI FOR JAWA POS DONASI: Sumbangan hazmat dari Fraksi PSI untuk RS Bhakti Rahayu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia