Jawa Pos

Whisnu Minta Verifikasi Ulang Data Bansos

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mendapatka­n banyak laporan yang tak sesuai terkait data bantuan sosial (bansos) saat pandemi Covid-19 membuat Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana langsung turun gunung. Dia mengecek kondisi tersebut di kantor Kelurahan Kedungdoro, Pagesangan, dan Kebonsari. Dia mengecek persoalan distribusi bantuan sembako yang masih tertahan di kantor kelurahan.

Whisnu menemukan data-data lama yang belum di-update, tapi masih digunakan sebagai basis untuk distribusi bantuan. Padahal, data tersebut sudah berubah jauh dari kondisi sekarang. Whisnu menegaskan, karut-marut ketidakses­uaian data itu tengah dicarikan solusi.’’Setelah saya cek, memang banyak data lama yang digunakan. Kalau begitu, ya sudah diganti saja. Nanti dibuatkan berita acaranya,’’ terang Whisnu kemarin (14/5).

Pejabat yang juga wakil ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya itu juga menegaskan, data MBR harus segera di-update. Dia meminta seluruh kelurahan memverifik­asi ulang data tersebut. Pengurus RT dan RW perlu dilibatkan dalam update data itu.

’’Saya rasa cepat kok. Tinggal diganti, dibuat berita acaranya dua hari bisa selesai. Nanti mengetahui lurah dan camat. Paling lambat sebelum Lebaran, warga sudah harus menerimany­a,’’ kata Whisnu.

Ketua RW II Kelurahan Pagesangan, Jambangan, Ahmad Imron menceritak­an, ada data yang diinput secara online ternyata tidak terealisas­i. Dia menyebutka­n, ada informasi bahwa data itu ternyata tidak sesuai. Dia juga menjelaska­n, pihak RT di wilayahnya kesulitan dalam mengoperas­ikan data MBR secara online. Karena persoalan itu, akhirnya bansos yang sudah diturunkan dari kecamatan tertahan. ”Ini tertahan di kecamatan, kemudian di kelurahan. Sudah lama, akhirnya kami yang membagikan juga harus menunggu. Apalagi banyak data yang tidak sesuai,’’ ungkap dia.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MENINJAU: Whisnu (tengah) saat sidak bansos di Kebonsari kemarin.
FRIZAL/JAWA POS MENINJAU: Whisnu (tengah) saat sidak bansos di Kebonsari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia