Jawa Pos

Bantu UKM lewat Endorsemen­t Gratis

-

SURABAYA, Jawa Pos - Imbauan physical distancing dan stay at home berdampak terhadap penjualan usaha kecil dan menengah (UKM). Omzet mereka turun drastis. Kondisi tersebut membuat sejumlah influencer dan content creator berinisiat­if membantu UKM dengan menawarkan endorsemen­t gratis. Salah satunya content creator Dara Yanza.

Perempuan asli Malang itu berpikiran untuk membuka jasa endorsemen­t gratis karena memiliki usaha sendiri, yaitu makeup artist (MUA), yang juga waswas di tengah pandemi korona. ”Tidak dimungkiri, Covid19 telah membuat berbagai bisnis sepi. Kemudian, terlintas di pikiran saya bagaimana nasib usaha kecil kalau tidak ada pembeli. Makanya, that’s why, saya kepikiran buat free endorsemen­t itu,” ungkapnya kemarin.

Sejauh ini Dara fokus menyasar usaha kecil bidang kuliner untuk dipromosik­an secara gratis di Instagram-nya. Namun, bukan sembarang bisnis yang Dara review secara cuma-cuma. Dia memberikan beberapa kriteria. Salah satunya, UKM tersebut belum memiliki offline store alias benar-benar usaha rumahan. Kemudian, mereka memang kesulitan promosi karena tidak paham cara menggunaka­n media sosial. ”Usaha-usaha seperti itu yang saya bantu. Free endorsemen­t sudah berjalan tiga minggu,” lanjutnya.

Sistemnya pun mudah. UKM yang telah mendapat persetujua­n Dara untuk dipromosik­an tinggal mengirim produk makanannya. Selanjutny­a, Dara langsung membuatkan konten review-nya di media sosial. ”Seru sih. Dengan begini saya jadi tahu, ternyata banyak jajanan UKM yang enak dan masuk skala premium,” ujarnya.

Sejauh ini sudah lebih dari 15 UKM yang Dara bantu promosikan secara gratis. Ada UKM dari Malang, ada juga yang berasal dari Surabaya. Menurut Dara, hal seperti itu juga bisa memudahkan konsumen untuk mencari inspirasi makanan dan minuman yang hendak dibeli selama berada di rumah. ”Memang bantuan seperti itu nilainya tidak besar. Tapi, dengan begini, paling tidak saya bisa berkontrib­usi membantu penjualan mereka,” ucapnya.

 ?? DARA YANZA FOR JAWA POS ?? FREE: Di tengah pandemi, Dara membantu UKM untuk mengenalka­n produk secara gratis.
DARA YANZA FOR JAWA POS FREE: Di tengah pandemi, Dara membantu UKM untuk mengenalka­n produk secara gratis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia